Beginilah Mengukur Pergerakan Harga Pasar Komoditi Berjangka

Commodity Index (CI) adalah ukuran umum terhadap pergerakan harga pasar komoditi Berjangka. Indeks ini dihitung secara statistik berdasarkan pergerakan harga sejumlah komoditi yang dipilih (harian, mingguan, bulanan, tahunan). Hasil komoditi terpilih yang masuk dalam portofolio indeks CI merupakan suatu benchmark pergerakan harga-harga komoditi dunia secara global/umum, dimana dalam perhitungannya berbasis pembobotan (weighting) yang berbeda untuk setiap komoditinya.

Honda Kuasai 58% Pasar LSUV Di Indonesia

Menjelang akhir tahun, Honda terus mempertahankan dominasinya di pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tanah air dengan menguasai total 58% pangsa pasar yang disumbangkan oleh penjualan dua produk andalannya di kelas ini. Honda HR-V 1.5L menjadi market leader dengan pangsa pasar 36% setelah meraih penjualan sebanyak 31.092 unit di sepanjang tahun ini, sementara Honda BR-V menyumbangkan pangsa pasar 22% setelah membukukan penjualan 19.011 unit di tahun 2017.

LANXESS Dipastikan Mencapai Tahun Rekor Berkat Hasil Kuartal Ketiga yang Luar Biasa

Setelah pencapaian kuartal ketiga yang sangat baik di tahun 2017, perusahaan bahan kimia khusus LANXESS tetap sesuai rencana untuk mencapai pendapatan tertinggi dalam sejarah perusahaan. Penjualan global meningkat 25,1% atau EUR 483 juta menjadi EUR 2,4 miliar. Setahun sebelumnya, penjualan global LANXESS mencapai EUR 1,9 miliar.

Jangkau Masyarakat Jambi, Maybank Operasikan Mobil Kas Keliling

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) meresmikan beroperasinya Mobil Kas Keliling di Kantor Cabang (KC) Jambi, Jl. Dr. Sutomo no. 54, Jambi. Peresmian beroperasinya Mobil Kas Keliling dilakukan secara simbolis oleh Area Branch Manager Maybank Indonesia–Jambi, Sutardi dan Area Service & Operation Manager Maybank Indonesia-Jambi, Edi Sucipto dengan disaksikan nasabah dan jajaran Maybank Indonesia Jambi.

Serius Garap Pasar Indonesia, Belgia Bawa Lima Produsen Kentang Goreng

Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun 2017, bahkan berkontribusi pada produk domestik bruto (PDB) industri non-migas. Hal ini menarik para investor dan eksportir untuk melirik Indonesia sebagai lokasi pengembangan bisnis di bidang makanan dan minuman. Potensi ini menjadi daya tarik bagi para produsen kentang goreng dari Belgia dalam sebuah rencana ekspansi bisnis dan promosi ke Asia Tenggara yang dikoordinasi oleh VLAM Belgia (Badan Pemasaran Pertanian Flanders) dan Belgapom, asosiasi industri perdagangan dan pengolahan kentang Belgia.

Indonesia Tawarkan Peluang Investasi Infrastruktur Bandara

Menteri Perhubungan Republik Indonesia diagendakan membuka ajang Airport Solutions Indonesia yang berlangsung pada 6-7 Desember di Jakarta Convention Center. Pada acara pembukaan akan diikuti pemaparan dari Dr. Ir. Agus Santoso, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

ASM Gandeng Atradius Kembangkan Asuransi Kredit Perdagangan

Kebutuhan asuransi kredit perdagangan atau trade credit insurance pada beberapa tahun belakangan ini mulai meningkat secara signifikan. Dilandasi hal tersebut, PT Asuransi Sinar Mas melakukan penandatanganan kerjasama dengan Atradius Crédito y Caución S.A. de Seguros y Reaseguros (“Atradius”) dalam hal Asuransi Kredit Perdagangan.

Tiga Kecamatan di Musi Banyuasin akan Dialiri Listrik Tenaga Surya

PT Manggala Alam Lestari dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) telah mengawali pembangunan listrik tenaga surya (PLTS) di tiga kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muba, Sumatera Selatan. Peresmian diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, H. Dodi Reza Alex Noerdin, Lic., Econ., M.B.A.,dengan PT Manggala Alam Lestari (MAL) yang diwakilkan oleh Direktur Utama PT MAL, Ir. Hartana, H.M, M.M. dan Direktur PT MAL, Liem Yuliana, Jumat (10/11) di sebuah gedung swasta yang berlokasi di Thamrin, Jakarta Pusat.

Pendapatan SCG di Indonesia pada Q3 – 2017 Naik 15%

Pendapatan penjualan SCG Q3 / 17 untuk pasar Indonesia adalah sebesar Rp 2.989 Miliar (US $ 226 Juta), yang merupakan kenaikan 15% y-o-yterutama dari bisnis chemicals. Sementara untuk 9 bulan pertama tahun 2017, SCG mencatat pendapatan dari penjualan di Indonesia sebesar Rp 8.133 Miliar (US $ 614 Juta).

Laba Bersih MTDL Kuartal III – 2017 Tumbuh 36,2%

PT. Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL) berhasil membukukan laba bersih (bagian pemilik entitas induk) di kwartal III - 2017 sebesar Rp 155,4 miliar, bertumbuh 36,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016. Dan perusahaan juga membukukan penjualan sampai dengan Kwartal ke III tahun 2017 sebesar Rp 7,2 triliun, meningkat Rp 195 miliar dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun 2016.  

Diprediksi Pengeluaran Wisatawan Muslim Milenial Lebih Dari USD100 Miliar pada 2025

Laporan terbaru Mastercard-HalalTrip Muslim Millenial Travel Report 2017 (MMTR2017), meningkatnya pengaruh teknologi serta keinginan untuk berwisata keliling dunia merupakan salah satu faktor yang menambah peluang pertumbuhan pasar wisatawan muda/mudi Muslim hingga mencapai nilai sebesar USD100 miliar. Laporan tersebut mengungkapkan pentingnya perkembangan generasi penerus dari wisatawan Muslim terhadap sektor pariwisata di seluruh dunia.  

Jelang Tutup Tahun, Wholesales Daihatsu capai 173.353 Unit

Melewati periode 11 Bulan jelang penutupan akhir tahun (Januari – November) 2017, Daihatsu masih bertahan di peringkat kedua penjualan otomotif nasional. Secara Total penjualan wholesales Daihatsu mencapai 173.353 unit dengan market share sebesar 17,4%. Sedangkan total retailsales sebesar 165.855 unit dengan market sharemencapai 17,3%.

Koleksi Bugaboo dari ‘We Are Handsome’

Bugaboo kembali berkolaborasi dengan label asal Australia ‘We Are Handsome’ dalam membuat aksesoris stroller untuk merayakan spirit of adventure. Kolaborasi ini menggabungkan yang sangatme mentingkan desain dan gaya. Koleksi Bugaboo dari ‘We Are Handsome’ adalah produk yang mudah dikenal dan memperlihatkan kecintaan akan kreatifitas dari dua brand tersebut. 

Laba Bersih Sembilan Bulan Maybank Naik 23% Menjadi RM5,39 Miliar

Maybank mengumumkan laba bersih pada sembilan bulan yang berakhir 30 September 2017 naik 23,3% menjadi RM5,39 miliar dibanding tahun lalu. Meningkatnya net fund-based income yang disertai  penurunan pada net impairment looses sebesar 25,2% meningkatkan laba sebelum pajak (PBT) Group sebesar 20,1% dari tahun lalu menjadi RM7,17 miliar. 

Kopi Arabica Kuasai 75% Volume Kopi di Dunia

Jakarta Futures Exchange (JFX) belum lama ini merilis bahwa kopi Arabica menguasai 75% volume kopi di seluruh dunia, dan sebagian besar dibudidayakan (cultivated) di Brazil (40% dari suplai global) dan Kolombia. Volume produksi kopi Robusta adalah 25% dari suplai kopi global, kebanyakan di produksi di Negara Vietnam (15% dari global suplai) termasuk Indonesia.

Sambut Hari Memberi Internasional, Mastercard Donasikan Rp 540 Juta Kepada 4 Yayasan

Dalam rangka menyambut Hari Memberi Internasional (International Day of Giving) (28 November – Giving Tuesday), Mastercard hari ini meluncurkanPriceless Causes di Indonesia. Program yang diluncurkan pertama kali di kawasan Asia Pasifik ini bertujuan sosial yang dekat di hati mereka melalui cara berdonasi yang mudah dan aman – dengan berdonasi setiap kali mereka bertransaksi menggunakan kartunya atau satu kali.

Hankook Tire Bukukan Laba Operasi Senilai KRW 214,1 Miliar pada Kuartal Ketiga 2017

Hankook Tire melaporkan hasil laporan keuangannya di kuartal ketiga tahun 2017 dengan penjualan global senilai KRW 1,824 triliun dan laba operasi senilai KRW 214,1 miliar. Dibandingkan triwulan kedua tahun 2017, penjualan dan laba operasi masing-masing meningkat sebesar 9,5% dan 4,6%. 

Royal Venya Ubud Hadir di Tengah Pemandangan Alam Nan Indah

PT. Metropolitan Land Tbk (Metland) meluncurkan proyek terbarunya sebuah komplek villa mewah dan resort hotel yang terletak di lereng bukit di kawasan Ubud, Bali yaitu Royal Venya Ubud,. Anhar Sudradjat, Wakil Presiden Direktur PT. Metropolitan Land Tbk mengatakan, Bali masih menjadi destinasi primadona wisatawan. Adanya peningkatan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Bali setiap tahunnya.  

Tabungan UOB ONE Account Berikan Suku Bunga Menarik Hingga 5,25%

PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) hari ini meluncurkan UOB ONE Account, sebuah produk tabungan dengan manfaat Bonus Suku Bunga, untuk mendukung para nasabah dalam menumbuhkan tabungan mereka lebih cepat. Prosesi peluncuran dilakukan dengan memasang puzzle secara bersama oleh Ronald Gunawan, Investment Insurance Product Head UOB Indonesia dan  Victor Teja, Deposit Investment Insurance Sales and Distribution Head UOB Indonesia.

Maybank Lanjutkan Program Pemberdayaan Komunitas Penyandang Disabilitas

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) bersama Maybank Foundation, kembali melaksanakan program pendampingan kewirausahaan bagi komunitas penyandang disabilitas bertajuk “Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship” (RISE) di Bogor. Program ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya. 

Penjualan Honda Meningkat 12,6% Pada Bulan Oktober 2017

Honda mencatat peningkatan penjualan sebesar 12,6%, yaitu dari 15.112 unit di bulan September 2017 menjadi 17.023 unit di bulan Oktober 2017. Secara total, Honda telah mengumpulkan total penjualan sebanyak 155.763 unit di sepanjang tahun 2017. Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, penjualan bulan ini masih didukung oleh tren penjualan positif dari produk-produk utama kami, terutama di segmen City Car dan SUV.

Danamon Bukukan Laba Bersih Tumbuh Sebesar 21% Pada Sembilan Bulan Pertama 2017

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp 3 triliun pada periode sembilan bulan pertama tahun 2017, atau tumbuh 21% dari periode yang sama tahun sebelumnya.  


Ibrahim, Orang Dianggap “Gila” yang Jadi Nabi

Hartono Kohar, Penyuka Ziarah Kubur

Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapaknya tiga agama Samawi: Islam, Kristen dan Judaism, maklum pembawa ketiga agama tesebut adalah keturunan nabi Ibrahim. Islam yang diterima Nabi Muhammad SAW adalah keturunan Nabi Ismail, anaknya Ibrahim lewat istrinya Siti Hajar yang konon seorang budak wanita berkulit hitam, sementara Kristiani dan Judaism diterima oleh keturunan Ibrahim lewat istrinya Siti Sarah yang seorang wanita bangsawan cantik berkulit bersih. Jangan heran, kalau sebagian penganut Kristiani dan Judaism merasa mereka lebih tinggi dan memandang rendah kaum muslimin mengingat Nabi mereka lahir dari istri Nabi Ibrahim yang seorang bangsawan.

 

Jill Abramson

Agar Menang, Clinton Harus Meniru Jiwa Perjuangan Sanders

Jill Abramson, Kolumnis politik untuk media `The Guardian`, Editor senior di `New York Times`

Apa yang Bernie Sanders perjuangkan? Selain pidato inspiratif, seorang calon presiden Amerika Serikat (AS) harus memiliki rencana kebijakan dan program kerja yang jelas. Namun, pada suatu pertemuan dengan dewan redaksi New York Daily News, Sanders tidak dapat menjelaskan rencana kebijakannya secara spesifik dan jelas, tanpa membuat negara bangkrut.


Mengapa New York Penting bagi Sanders dan Clinton?

Clinton telah memenangkan lebih banyak negara bagian, mayoritas suara, dan delegasi, namun Sanders memiliki momentum. Sanders memenangkan 7 dari 8 pemilihan pendahuluan terakhir, termasuk pemilihan pendahuluan Wisconsin dan kaukus Wyoming pekan lalu. Namun, pemilihan pendahuluan New York tanggal 19 April dan serangkaian negara bagian lainnya pada 26 April memberikan kesempatan bagi Clinton untuk mengubah wacana, baik secara praktis maupun psikologis.

Jeremy W. Peters

Pemilih Biasa Merasa Tersisihkan oleh `Superdelegate`

Jeremy W. Peters, Koresponden kanal kampanye Pilpres 2016 untuk The New York Times

Selama bertahun-tahun, baik Partai Demokrat maupun Republik telah menggunakan proses berbelit untuk memilih calon presiden, proses yang hanya melibatkan pemilih biasa secara tidak langsung. Ketika rakyat Amerika berbondong-bondong memilih kandidat dari luar partai, gerakan ini dibatasi oleh aturan main partai, dan mereka disadarkan dengan realitas. Kebingungan dan kemarahan mereka menambah kerentanan pemilihan umum atas tuntutan keadilan dan kesetaraan.

 


Tekanan Donald Trump terhadap Imigran akan Menjadi Bumerang

Bakal calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, telah mengemukakan detil rencana pembangunan tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, jika ia menjadi Presiden AS. Trump menyampaikan, Meksiko harus membayar $5-10 millar untuk pembangunan tersebut, jika tidak, Trump berencana untuk memblokir pengiriman uang tenaga kerja Meksiko ke negara asalnya.

Nick Gass

Sanders Kalahkan Clinton di Wisconsin, Apakah Berpengaruh?

Nick Gass, Penulis di portal berita Politico.com

Bernie Sanders menang telak di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Wisconsin, hari Selasa (05/04) lalu, yang merupakan kemenangan ketujuh dari delapan pertarungan melawan Hillary Clinton menuju pertarungan penentu di New York pada 19 April nanti. Kemenangan Sanders dalam dua minggu berturut-turut ini berperan penting untuk membuktikan bahwa ia bisa menjadi ancaman serius bagi Clinton sampai konvensi Partai Demokrat pada bulan Juli di Philadelphia.


Apakah Sanders bisa Mengejar 988 Suara Lagi untuk Memenangkan Nominasi Partai Demokrat?

Setelah kemenangan besar berturut-turut di Washington, Alaska, dan Hawaii pada Sabtu lalu—hari terbaik sepanjang masa kampanyenya—Bernie Sanders mempersempit margin dengan Hillary Clonton. Namun, Sanders masih memiliki pekerjaan rumah yang panjang. Sanders membutuh 988 suara lagi—hampir 57% untuk memenangkan mayoritas suara pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Christina Wilkie

Kartu As Donald Trump untuk Fox News

Christina Wilkie , Wartawan politik, The Huffington Post

Ketika bakal calon presiden Partai Republik Donald Trump menyerang Fox News dan pembawa beritanya, Megyn Kelly, musim panas lalu, banyak pengamat politik melihat manuver tersebut sebagai awal kampanye Trump. Mengapa orang yang mengejar nominasi presiden dari Partai Republik menyerang jaringan media yang memiliki pengaruh besar terhadap elektorat Partai Republik?

 

Dadang Kusnandar

Bukan Buih

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

SETIAP lembaga/ organisasi/ institusi pasti ada saatnya untuk memperbarui kepengurusan/ kepemimpinannya sesuai dengan AD/ART masing-masing. Pembaruan kepengurusan secara regular itu menandakan bahwa lembaga tersebut melaksanakan mekanisme kepengurusannya dengan baik. Sebaliknya jika kepengurusan suatu lembaga tidak berubah, konstan, atau tetap diisi wajah-wajah lama, mempertahankan status quo --maka lembaga tersebut mengalami stagnasi serta gagal dalam hal kaderisasi kepengurusan. Tidak terkecuali lembaga agama seumpama Muhammadiyah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Cirebon 2010-2015 telah berakhir masa baktinya pada Sabtu 19 Maret 2016 dan Minggu 20 Maret 2016  menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di SMK Muhammadiyah Kota Cirebon di Jl. Syarif Abdurahman (dulu bernama Jl. Bahagia). 

Dadang Kusnandar

Gaduh

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

Presiden Joko Widodo disarankan untuk mengambil langkah yang bijak untuk meredam kegaduhan di kabinet. Tak perlu langsung menindak semua pihak, Jokowi harus lebih dulu menentukan mana menteri yang sebenarnya salah. Jangan sampai kegaduhan berakhir begitu saja, ya sudah yang penting diam. Atau semua yang ribut diganti, tapi perlu dicari siapa yang benar siapa yang salah, kata Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira awal Maret 2016 yang baru lalu.