Ngeri! Asap Rokok Mampu Merusak Hati dan Otak

Anda pasti setuju bahwa rokok sama sekali tak memberikan dampak positif untuk kesehatan. Entah menjadi perokok aktif atau pasif, rokok tetap membahayakan kesehatan. Baru-baru ini sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Clinical Science menunjukkan bahwa racun dari asap rokok mampu merusak jaringan hati dan otak. Dengan menggunakan sistem dan alat khusus, peneliti menemukan jejak paparan asap di jaringan hati dan otak tikus. 

Penelitian: Menari di Usia Tua Ampuh Cegah Penurunan Otak

Pengurangan jaringan otak hingga penurunan aliran darah dan komunikasi antar-sel otak merupakan beberapa perubahan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Perubahan-perubahan ini dapat mengganggu fungsi kognitif khususnya kemampuan belajar dan daya ingat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bergerak aktif di usia tua dapat menurunkan risiko penurunan kognitif. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Neurology misalnya, menunjukkan bahwa olahraga berintensitas sedang hingga tinggi dapat memperlambat proses menurunnya daya ingat dan kemampuan berpikir pada kelompok berusia di atas 50 tahun.

Waspada! Inilah Tanda Awal Kelelahan yang Sering Terjadi

Kelelahan menyebabkan seseorang menjadi mudah tersinggung, antisosial, konfrontatif, dan umumnya menjadi menantang saat bergaul. Hal ini secara alami mempengaruhi hubungan individu dengan anggota keluarga dekat, teman, dan kolega. Ada berbagai tanda awal yang biasa ditunjukkan oleh mereka yang sedang mengalami proses menuju kelelahan. Berikut tanda-tanda awal kelelahan dari JobStreet.com.

Usahakan Buang Air Kecil 40 cc Per Jam!

Salah satu penanda tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi adalah urine yang berwarna kuning pekat, --selain juga kita merasa haus. Karena itu, spesialis Penyakit Dalam, dr. Surahman Muin, SpPD menyarankan, agar kita mengonsumsi air yang cukup, lalu mengusahakan produksi buang air kecil 40 cc per jam dengan warna urine kuning muda dan bening. 

Studi: Masa Kehamilan dan Menyusui, Ibu Berharap Suami Proaktif

Tak bisa dipungkiri, masa kehamilan dan menyusui menjadi momen menantang bagi ibu, baik fisik maupun psikologis. Mau tak mau, ibu membutuhkan peran suami dan juga keluarga, yang kemudian disebut juga sebagai sistem pendukung. Hanya saja, ternyata para ibu cenderung enggan mengungkapkan bahwa dirinya butuh bantuan dengan alasan tidak mau merepotkan. Mereka dalam diam berharap suami dan anggota keluarga lainnya lebih proaktif. 

MUI Minta Aparat Usut Tuntas Mie Mengandung Babi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) bereaksi atas beredarnya mie instan asal Kores yang mengandung fragmen DNA spesifik babi. MUI minta Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Kepolisian mengusut hal tersebut. Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengapresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan yang berhasil mendeteksi empat produk mie instan asal Korea positif mengandung fragmen DNA spesifik babi.

Filtrasi Ribuan Kali, Vaksin Tidak Mengandung Enzim Babi

Baru-baru ini permasalahan pemberian vaksin pada anak kembali mencuat seiring dengan pemberitaan anak artis Oki Setiana Dewi yang kena campak. Oki dan suami mengaku tidak memberi vaksin pada anak, karena menganggap vaksin mengandung enzim babi. Demi mencegah anak terkena penyakit berbahaya, bayi maupun anak perlu imunisasi atau pemberian vaksin. Pendapat adanya kandungan enzim babi di vaksin tidak sepenuhnya benar.

Donor Darah demi Memenuhi Hak Hidup Sesama

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan darah, panitia penyelenggara pameran otomotif terkemuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 secara rutin menggelar kegiatan donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Meski IIMS merupakan acara pameran industri otomotif, bukan berarti menyurutkan rasa kepedulian terhadap sesama. PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran IIMS 2017 bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia mengadakan aktivitas donor darah pada hari Ahad (30/4) yang terletak di lantai 2 Gedung Utama, JIExpo Kemayoran, Jakarta.  

JEC Persembahkan Program Spesial `Eye Check` di Hari Kartini bagi Perempuan Indonesia

Seperti halnya kesehatan gigi dan kesehatan tubuh, kesehatan mata perlu mendapat perhatian khusus. Mata yang sehat adalah hadiah paling berharga, namun masih sedikit masyarakat yang memahami pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin. Sebagai bentuk komitmen RS Mata JEC dalam menurunkan angka kebutaan dan dalam rangkaian peringatan Hari Kartini, JEC memberikan apresiasi kepada perempuan Indonesia melalui program spesial eye check (pemeriksaan mata) di Hari Kartini – Jumat, 21 April 2017, di RS Mata JEC @ Kedoya.

Eka Hospital Kembali Raih Akreditasi Internasional dari JCI

Memasuki usia yang ke 9 tahun, Eka Hospital BSD dan Eka Hospital Pekanbaru kembali berhasil mendapatkan Akreditasi Internasional dari Joint Commission International (JCI). Bagi Eka Hospital BSD, tahun ini adalah yang ketiga kalinya akreditasi internasional diraih, sementara bagi Eka Hospital Pekanbaru menjadi kali kedua.    

Simak! Buah dan Sayur Ini Cukup Dicuci Bersih Tanpa Harus Dikupas

Banyak orang mengupas kulit buah dan sayur terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Padahal, pada kulit buah dan sayur tertentu terdapat nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang besar. Berikut enam buah dan sayur yang sebaiknya hanya dicuci bersih tanpa perlu dikupas sebelum dimakan seperti mengutip Men's Health, Rabu (15/3).

Waspada! Hipertensi Jadi Penyebab Kematian Ibu Hamil

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menyatakan mayoritas penyebab kematian ibu melahirkan di daerah itu karena faktor pre-eklamsi, pendarahan yang dipicu kondisi hipertensi yang dialami ibu hamil. "Rata-rata penyebab kematian ibu tersebut karena mengalami pre-eklamsi atau keracunan kehamilan," kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Lis Wulandari di Tulungagung, Selasa (5/9).

Live Surgery - Operasi Microvascular Decompresi ke-1001

Comprehensive Brain and Spine Center (CBSC) Surabaya mengadakan operasi Microvascular Decompresi (pemisahan saraf di batang otak)  ke-1001 yang dapat disaksikan secara langsung (live surgery) oleh keluarga pasien dan para jurnalis di National Hospital, salah satu rumah sakit berskala internasional di Surabaya. Live Surgery ini dilakukan oleh tim medis handal CBSC Surabaya yang dipimpin oleh dr. M. Sofyanto, SpBS. Dimana ini merupakan kali kedua CBSC Surabaya mengadakan live surgery setelah yang pertama pada 2015 lalu yang juga disaksikan oleh media serta keluarga pasien.

Tidak Dianjurkan Membungkus Daging Kurban dengan Kresek Hitam

Pakar Kesehatan Masyarakat Veteriner FKH IPB Denny Widaya Lukman menganjurkan agar masyarakat khususnya pelaksana kegiatan kurban tidak menggunakan kantong plastik hitam untuk membungkus daging kurban sebelum didistribusikan. "Kresek hitam yang bahan pembuatannya dari daur ulang memang tidak dianjurkan bersentuhan dengan makanan karena takut terjadi perpindahan bahan plastik ke dalam daging dan membahayakan jika dikonsumsi," kata Denny di Jakarta, Rabu (30/8).

Mengerikan Penderita Kanker di Indonesia Kian Bertambah, Inilah Upaya Penanganannya!

Penderita kanker di Indonesia kian hari kian bertambah. Persoalan ini tentu bukan masalah sepele, karena selain berbiaya mahal, juga penderita bisa berujung pada kematian. Data dari WHO (World Health Organization) menunjukkan  di Indonesia tahun  2016 jumlah pengidap 17.800.000 juta jiwa dan di tahun 2017 21.700.000 jiwa. Berarti dalam kurun satu tahun bertambah 3.900.000 juta.

Bukan Hanya Faktor Usia, Inilah Fakta-fakta Tentang Katarak

Saat orang berbicara soal katarak, kebanyakan akan berpikir tentang masalah penglihatan pada orang yang berusia lanjut. Hal ini tidak mengejutkan karena menurut laman Step to Health, Selasa (1/8), kebanyakan orang yang mencapai usia 80 tahun menderita katarak. Namun ternyata, gejala katarak bisa dimulai pada usia 40 tahun. Dan pada usia 60, saat itulah penglihatan yang paling terpengaruh.

Tetap Fit Selama Ramadan dengan Berolahraga dan Mengkonsumsi Greenfields

Dalam sebuah acara berbuka puasa bersama rekan media, Greenfields mengajak masyarakat untuk tetap fit selama bulan Ramadan dengan tetap berolahraga serta mengkonsumsi susu segar saat sahur dan saat berbuka puasa. Acara tersebut dihadiri oleh Dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO, dokter Spesialis Kedokteran Olahraga; Syahbanta Sembiring, Country Head Sales & Marketing PT. AustAsia Food dan Heru Prabowo, Head of Dairy Farm, PT. Greenfields Indonesia.

Sebaiknya Hindari Minuman Dingin Saat Berbuka Puasa

Cuaca panas dan terik di siang hari menjadi alasan seseorang memilih minuman dingin sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa. Namun, konsumsi minuman yang terlalu dingin saat buka puasa ternyata tidak baik bagi kesehatan Anda. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan kontraksi pada lambung. Selain itu, minuman terlalu dingin juga mengakibatkan kerja lambung menjadi lambat.

Di Hari Kartini, Rumah Sakit Mata JEC Gelar `Eye Check` Khusus Kaum Perempuan

Sebagai rangkaian peringatan Hari Kartini 2017, pada Jumat (21/4) JEC mempersembahkan program special Eye Check yang menyasar kaum perempuan. Penyelenggaraan program yang berlangsung 1 (satu) hari penuh di JEC @ Kedoya ini merupakan bentuk apresiasi JEC kepada para perempuan Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan mata secara berkala.

`Acrolein`, Senyawa Berbahaya Pemicu Tumor pada Perokok Pasif

Asap rokok berbahaya bukan hanya bagi perokok aktif, melainkan juga bagi orang-orang di sekitarnya. Para perokok pasif menjadi rentan terhadap tumor karena kehilangan sistem kekebalan terhadap penyakit tersebut. Sebuah penelitian di University of Vienna mengungkap salah satu senyawa racun yang membuat perokok pasif rentan terhadap pertumbuhan tumor. Senyawa tersebut adalah acrolein atau acrylic aldehyde, yang dilepaskan ke udara saat rokok terbakar.

`The Good Stuff` Kini Resmi Beroperasi di Central Park Mal

Sehat itu penting. Kesadaran akan pentingnya kesehatan semakin meningkat belakangan ini. Bukan hanya pada mereka yang berusia lanjut, namun kaum muda masa kini pun semakin sadar untuk hidup lebih sehat. Selain rutin berolah raga, asupan makanan menjadi salah satu kunci suksesnya menjalankan gaya hidup sehat.  

Rayakan Kesuksesan Bisnis di Indonesia, GIN International Luncurkan `Hydrogin`

Menandai setahun berdirinya GIN Internasional –perusahaan yang berfokus pada produk anti-aging dan kesehatan berkualitas di Indonesia– belum lama ini telah meluncurkan Hydrogin, yakni alat berteknologi mutakhir yang mampu mengubah air mineral biasa menjadi air antioksidan yang kaya akan molekul hidrogen aktif. Michael Ginarto, CEO & Founder GIN International, mengungkapkan rasa syukurnya dengan perayaan setahun berdirinya GIN International. Ia mengungkapkan, “Sebagai The Best Improvement Multi Level Company of The Year 2017 pada acara Indonesia Direct Selling Award 2017, GIN optimis akan tumbuh menjadi salah satu perusahaan penjualan langsung terbesar di Indonesia,” ujarnya saat memberikan sambutan, Kamis (9/3).    


Ibrahim, Orang Dianggap “Gila” yang Jadi Nabi

Hartono Kohar, Penyuka Ziarah Kubur

Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapaknya tiga agama Samawi: Islam, Kristen dan Judaism, maklum pembawa ketiga agama tesebut adalah keturunan nabi Ibrahim. Islam yang diterima Nabi Muhammad SAW adalah keturunan Nabi Ismail, anaknya Ibrahim lewat istrinya Siti Hajar yang konon seorang budak wanita berkulit hitam, sementara Kristiani dan Judaism diterima oleh keturunan Ibrahim lewat istrinya Siti Sarah yang seorang wanita bangsawan cantik berkulit bersih. Jangan heran, kalau sebagian penganut Kristiani dan Judaism merasa mereka lebih tinggi dan memandang rendah kaum muslimin mengingat Nabi mereka lahir dari istri Nabi Ibrahim yang seorang bangsawan.

 

Jill Abramson

Agar Menang, Clinton Harus Meniru Jiwa Perjuangan Sanders

Jill Abramson, Kolumnis politik untuk media `The Guardian`, Editor senior di `New York Times`

Apa yang Bernie Sanders perjuangkan? Selain pidato inspiratif, seorang calon presiden Amerika Serikat (AS) harus memiliki rencana kebijakan dan program kerja yang jelas. Namun, pada suatu pertemuan dengan dewan redaksi New York Daily News, Sanders tidak dapat menjelaskan rencana kebijakannya secara spesifik dan jelas, tanpa membuat negara bangkrut.


Mengapa New York Penting bagi Sanders dan Clinton?

Clinton telah memenangkan lebih banyak negara bagian, mayoritas suara, dan delegasi, namun Sanders memiliki momentum. Sanders memenangkan 7 dari 8 pemilihan pendahuluan terakhir, termasuk pemilihan pendahuluan Wisconsin dan kaukus Wyoming pekan lalu. Namun, pemilihan pendahuluan New York tanggal 19 April dan serangkaian negara bagian lainnya pada 26 April memberikan kesempatan bagi Clinton untuk mengubah wacana, baik secara praktis maupun psikologis.

Jeremy W. Peters

Pemilih Biasa Merasa Tersisihkan oleh `Superdelegate`

Jeremy W. Peters, Koresponden kanal kampanye Pilpres 2016 untuk The New York Times

Selama bertahun-tahun, baik Partai Demokrat maupun Republik telah menggunakan proses berbelit untuk memilih calon presiden, proses yang hanya melibatkan pemilih biasa secara tidak langsung. Ketika rakyat Amerika berbondong-bondong memilih kandidat dari luar partai, gerakan ini dibatasi oleh aturan main partai, dan mereka disadarkan dengan realitas. Kebingungan dan kemarahan mereka menambah kerentanan pemilihan umum atas tuntutan keadilan dan kesetaraan.

 


Tekanan Donald Trump terhadap Imigran akan Menjadi Bumerang

Bakal calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, telah mengemukakan detil rencana pembangunan tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, jika ia menjadi Presiden AS. Trump menyampaikan, Meksiko harus membayar $5-10 millar untuk pembangunan tersebut, jika tidak, Trump berencana untuk memblokir pengiriman uang tenaga kerja Meksiko ke negara asalnya.

Nick Gass

Sanders Kalahkan Clinton di Wisconsin, Apakah Berpengaruh?

Nick Gass, Penulis di portal berita Politico.com

Bernie Sanders menang telak di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Wisconsin, hari Selasa (05/04) lalu, yang merupakan kemenangan ketujuh dari delapan pertarungan melawan Hillary Clinton menuju pertarungan penentu di New York pada 19 April nanti. Kemenangan Sanders dalam dua minggu berturut-turut ini berperan penting untuk membuktikan bahwa ia bisa menjadi ancaman serius bagi Clinton sampai konvensi Partai Demokrat pada bulan Juli di Philadelphia.


Apakah Sanders bisa Mengejar 988 Suara Lagi untuk Memenangkan Nominasi Partai Demokrat?

Setelah kemenangan besar berturut-turut di Washington, Alaska, dan Hawaii pada Sabtu lalu—hari terbaik sepanjang masa kampanyenya—Bernie Sanders mempersempit margin dengan Hillary Clonton. Namun, Sanders masih memiliki pekerjaan rumah yang panjang. Sanders membutuh 988 suara lagi—hampir 57% untuk memenangkan mayoritas suara pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Christina Wilkie

Kartu As Donald Trump untuk Fox News

Christina Wilkie , Wartawan politik, The Huffington Post

Ketika bakal calon presiden Partai Republik Donald Trump menyerang Fox News dan pembawa beritanya, Megyn Kelly, musim panas lalu, banyak pengamat politik melihat manuver tersebut sebagai awal kampanye Trump. Mengapa orang yang mengejar nominasi presiden dari Partai Republik menyerang jaringan media yang memiliki pengaruh besar terhadap elektorat Partai Republik?

 

Dadang Kusnandar

Bukan Buih

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

SETIAP lembaga/ organisasi/ institusi pasti ada saatnya untuk memperbarui kepengurusan/ kepemimpinannya sesuai dengan AD/ART masing-masing. Pembaruan kepengurusan secara regular itu menandakan bahwa lembaga tersebut melaksanakan mekanisme kepengurusannya dengan baik. Sebaliknya jika kepengurusan suatu lembaga tidak berubah, konstan, atau tetap diisi wajah-wajah lama, mempertahankan status quo --maka lembaga tersebut mengalami stagnasi serta gagal dalam hal kaderisasi kepengurusan. Tidak terkecuali lembaga agama seumpama Muhammadiyah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Cirebon 2010-2015 telah berakhir masa baktinya pada Sabtu 19 Maret 2016 dan Minggu 20 Maret 2016  menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di SMK Muhammadiyah Kota Cirebon di Jl. Syarif Abdurahman (dulu bernama Jl. Bahagia). 

Dadang Kusnandar

Gaduh

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

Presiden Joko Widodo disarankan untuk mengambil langkah yang bijak untuk meredam kegaduhan di kabinet. Tak perlu langsung menindak semua pihak, Jokowi harus lebih dulu menentukan mana menteri yang sebenarnya salah. Jangan sampai kegaduhan berakhir begitu saja, ya sudah yang penting diam. Atau semua yang ribut diganti, tapi perlu dicari siapa yang benar siapa yang salah, kata Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira awal Maret 2016 yang baru lalu.