www.today.com

Sejak dulu boneka Barbie dikenal sebagai boneka yang mencerminkan kecantikan para wanita di dunia. Barbie selalu diidentikkan dengan postur tubuh yang langsing juga tampilan feminin namun seksi.

Seiring berjalannya waktu, boneka ini mengalami perubahan konsep. Kini Barbie mengenakan hijab, yang diberi nama Hijarbie. Namun, Barbie berhijab ini bukanlah boneka resmi produksi dari Mattel, melainkan hasil modifikasi seorang wanita asal Nigeria bernama Haneefah Adam.

"Singkatnya, aku membuat ini sebagai wadah untuk kreativitasku. Harapanku, akun ini dapat membuat kesadaran dan pengaruh yang positif," ujar Adam sembari memajang hasil karya Barbie berhijabnya di akun Instagram @hijarbie.

Barbie modifikasi Adam ini, selain mengenakan kerudung, juga menggunakan model busana yang sopan tapi tetap bergaya. Inspirasinya berasal dari busana modis para hijabers.

 

"Aku ingin hijarbiers dapat menginspirasi anak perempuan muslim. Ini tentang memiliki boneka yang mirip sepertinya, yang merepresentasikan latar belakang budaya dan agama. Semoga ini dapat menambah nilai dan menginspirasi mereka agar lebih percaya diri untuk mengarahkan apresiasi kepada dirinya sendiri serta mengangkat gaya hidupnya yang sopan," ujar Adam.

Banyak yang menyebutkan bahwa kemunculannya tersebut karena ingin mengikuti tren-tren fashion muslim yang telah mulai dilirik merek terkenal. Namun, Adam mengaku hanya ingin menunjukkan bahwa tampil cantik dan anggun bisa menggunakan hijab. Serta tidak kalah cantiknya dengan boneka Barbie itu. Ia juga berjanji akan memfokuskan diri membuat koleksi Hjarbie agar dapat dijual secepat mungkin.

(rr/HT)