www.beningpost.com

Mozaik Indonesia Clayday Workshop adalah salah satu hari semua orang bisa belajar bekerja dengan tanah liat yang berlangsung pada Sabtu, 23 Januari 2016 di Historia Food & Bar - Kota Tua. Para peserta diperkenalkan cara membuat keramik dengan bahan baku tanah liat.  

Pada acara yang berlangsung sebagai rangkaian acara menuju Pameran Lifestyle Interior, Design, and Project, Mozaik Indonesia ini berjalan dibawah arahan langsung para pakar keramik dari Kandura Studio.

Sebanyak 27 peserta mengikuti proses pembelajaran singkat ini, peserta diajarkan untuk mengetahui teknik-teknik dasar membuat keramik tanpa harus membawa peralatan apapun.

“Ada beberapa teknik di dalam pembuatan keramik, diantaranya pembuatan keramik yang dibuat secara langsung atau biasa disebut handbuilding, teknik menggunakan cetakan atau casting dan terakhir teknik putar atau throwing,” jelas Nuri Fatimah pembuat keramik profesional dari Kandura.

Peserta keramik dengan handbuilding tangan langsung, hal dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang lebih berkesan karena dengan teknik.

Keramik sendiri merupakan salah satu bagian dari Lifestyle interior design yang merupakan sebuah kategori industri kreatif. Lifestyle interior design bisa dibilang menjadi sebuah kategori yang berkembang di Indonesia.

Tidak sedikit desainer di Indonesia yang selalu memberikan sentuhan unik pada produknya sehingga membuat produk buatannya itu menjadi sebuah lifestyle yang digemari masyarakat luas.

Keberagaman budaya dan suku di Indonesia membuat berbagai macam industri kreatif terus berkembang di negara ini. Dan bahan baku keramik yang mudah didapatkan di Indonesia membuat industri ini lebih approachable untuk melakukan inovasi dan kreasi baru.

Banyaknya produk lifestyle interior design seperti lighting, furniture dan keramik perlu lebih diberikan acungan jempol karena secara tidak sadar membuat banyak pihak mencari keunikan produk tersebut untuk digunakan sehari-hari.

Pentingnya sebuah kreatifitas produsen atau pelaku interior design sangat diperlukan untuk mendapat perhatian dari dunia.

Melihat keadaan ini Mozaik Indonesia menjadi satu-satunya pameran yang ditujukan untuk mewadahi hasil karya dari para desainer profesional, serta para penggiat industri kreatif di Indonesia untuk bergabung di dalam pameran ini.

Pameran yang akan diselenggarakan pada 10-13 Maret di Jakarta Convention Center (JCC) ini memberikan kesempatan bagi produsen dan buyers untuk bertatap muka dan saling berinteraksi secara langsung.  

Mulai dari kategori Furniture, Interior Home Decor, Accessories, Craft, Lighting, Tableware, Cookware & Kitchenware, Home Textiledan Keramik akan hadir di acara yang diadakan di Hall A, JCC ini. 

Ernst K Remboen, Presiden Direktur Traya Indonesia mengungkapkan kelebihan yang di tawarkan Pameran Mozaik Indonesia, dimana di Mozaik Indonesia exhibitors memiliki kesempatan untuk bertemu dengan buyers dari mancanegara. 

Mozaik Indonesia dapat menjadi pintu gerbang untuk memperluas pasar baru dan mengembangkan peluang bisnis baru dalam interior gaya hidup, desain dan semua sektor serupa akan disajikan semua dalam format yang dapat sangat merangsang dan luar biasa dengan menghadirkan orang yang tepat.

(rr/Syam)