ekbis.sindonews.com

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menegaskan tetap mendukung kelanjutan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, meskipun menuai polemik sejumlah kalangan.

"Saya tetap mendukung 100 persen kereta cepat Jakarta-Bandung," kata Ridwan Kamil saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/2).

Menurut Emil sapaan Ridwan Kamil, keberadaan kereta cepat itu dapat membantu pertumbahan ekonomi baik Jakarta dan Bandung. Sebab, dengan pembangunan kereta cepat itu nantinya bisa terkoneksi dengan Light Railways Transit (LRT) dan monorel yang ada di Kota Bandung.

"Ini bukan hanya urusan Jakarta-Bandung, tetapi dengan keberadaan kereta cepat ada tiga pusat pertumbuhan ekonomi baru di Karawang dan Walini. Bahkan, ribuan orang nanti akan bekerja di situ," jelasnya.

Karena itu, dirinya sangat berharap moda transportasi baru tersebut dapat segera terwujud walaupun di tengah berpolemik.

"Kalau ini terwujud maka ekonomi akan dapat dipercepat. Karena dengan adanya ini bisa terkoneksi dengan baik, khususnya Jakarta-Bandung, karena secara bisnis dan visibel lebih baik, tanpa menyampingkan daerah lain," katanya.

(rr/TS)