charlestonallergy.com

Saat kulit gatal dan alergi, banyak orang yang memilih untuk menggaruknya bahkan sampai luka.

Umumnya, masalah gatal dan alergi ini disebabkan oleh gigitan serangga, efek samping obat, cuaca yang dingin, dan debu. Jika Anda juga sering mengalami masalah gatal dan alergi pada kulit, Anda tak perlu khawatir dan memeriksanya ke dokter. Ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah. 

Pengobatan alami ini tidak mengandung efek samping apapun. Meski demikian, manfaatnya dianggap cukup efektif untuk mengatasi masalah gatal dan alergi.  Berikut beberapa pengobatan alami tersebut, seperti dilansir media online berbahasa Inggris, Bold Sky:

Air Garam 

Bilas kulit yang mengalami gatal dan alergi dengan air garam setiap hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita alergi dan mereka mencoba menerapkan cara pengobatan ini selama tiga minggu secara konsisten, mendapatkan hasil yang positif. Alergi mereka berkurang secara signifikan.

Sari Cuka Apel 

Sari cuka apel dianggap dapat membatu mengurangi rasa gatal dan menyembuhkan ruam. Asam asetat yang terdapat dalam sari cuka apel juga membantu untuk menghindari infeksi. Yang perlu Anda lakukan cukup oleskan sari cuka apel pada kulit yang mengalami alergi dengan menggunakan kapas. Kemudian, setelah dibiarkan beberapa menit dan terlihat kering, cuci kulit Anda dengan air dingin.

Lidah Buaya 

Lidah buaya adalah obat alami untuk sebagian besar masalah kulit. Menerapkan langsung daging lidah buaya pada kulit akan melindungi Anda dari sengatan matahari. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu untuk menenangkan kulit, mengurangi iritasi dan pembengkakan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan vitamin E yang bertindak sebagai agen pelembab yang baik dan juga mempromosikan proses peremajaan kulit. Oleskan sedikit minyak zaitun pada kulit yang meradang dan alergi, lalu pijat perlahan-lahan. Jika Anda ingin menyembuhkan ruam, buatlah campuran minyak zaitun dan madu.

Oatmeal

Oatmel juga dianggap dapat membantu mengurangi masalah peradangan dan iritasi pada kulit. Masukkan oatmeal ke dalam sebuah wadah yang dicampur dengan air, dan terapkan pada kulit yang alergi. Biarkan setidaknya selama 15 menit, lalu bilas dengan air.

Akupunktur

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang menderita alergi bisa disembuhkan dengan akupuntur.

Petroleum Jelly

Jika Anda mengalami masalah gatal dan alergi, cobalah oleskan petroleum jelly. Petroleum jelly ini dianggap dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal.

 

(rr)