www.dailymail.co.uk

Atletico Madrid berhasil memastikan diri melaju ke partai final Liga Champions musim ini usai menyingkirkan Bayern Munchen di semifinal, Rabu (4/5). Los Rojiblancos unggul gol tandang atas Bayern dalam agregat 2-2 di Allianz Arena.

Gol Antoine Griezmann mengubur harapan Die Roten lolos ke final meski menang 2-1 di leg kedua. Kegagalan Bayern mencetak gol di leg pertama dan kebobolan di leg kedua menjadi penyebab gagalnya Bayern melaju ke final.

Namun, laga Bayern kontra Atletico tadi menyisakan sejumlah data dan fakta yang menarik disimak. Berikut sejumlah data dan fakta yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Atletico di bawah komando Diego Simeone berhasil dua kali menembus final Liga Champions. Laga final Liga Champions pertama Atletico bersama Simeone terjadi pada musim 2013/2014 lalu meski kalah oleh Real Madrid di partai puncak.

2. Kiper Atletico Madrid Jan Oblak terpilih menjadi 'Man of the Match' pada leg kedua semifinal Liga Champions kontra Bayern Munchen. Pencapaian tersebut diraihnya usai berhasil menorehkan statistik tujuh kali penyelamatan, dua kali menepis peluang Munchen, satu penyelamatan penalti, dan 100 persen memenangi duel udara. 

3. Dominasi tim Spanyol di Liga Champions musim ini sangat terasa. Selain masih menyisakan Atletico Madrid dan Real Madrid, wakil Spanyol di Liga Champions musim ini berhasil memenangkan 12 laga di babak knockout.

4. Kutukan Josep Guardiola di babak semifinal Liga Champions berlanjut. Kekalahan atas Atletico memperpanjang rekor kegagalan Guardiola bersama Munchen di semifinal. Munchen di bawah asuhan Guardiola tiga musim beruntun kandas di babak semifinal Liga Champions.

5. Lewandowski mencetak sembilan gol hingga semifinal liga champions musim ini. Hanya Cristiano Ronaldo yang mampu mengalahkannya dengan 16 gol sejauh ini.

6. Lewandowski mencetak lebih dari empat gol melalui tandukannya. Statistik itu jauh melebihi pemain lainnya yang mecetak gol lewat sundulan di Liga Champions musim ini.

(rr/Mtr)