www.merdeka.com

Menjelang libur panjang pada akhir pekan ini, kemacetan jamak terjadi. Polisi lantas memetakan empat titik macet yang akan dipantau mulai Rabu (4/5) malam, hingga Ahad (8/5).

Kakorlantas Polri Brigjen Agung Budi Maryoto menyebut titik pertama adalah di Cikunir.

“Di Cikunir itu ada 3 titik pertemuan jalan yaitu dari Tol Dalam Kota, Cakung dan Cikunir. Nah, pasti di situ akan padat," ujarnya usai menjadi inspektur upacara Apel Pengamanan Libur Long Weekend di Korlantas Polri, Jl MT Haryono, Jakarta, Rabu (4/5) pagi.

Sedangkan titik kedua adalah di KM 29 Cikarang Utama. Sementara titik kemacetan ketiga adalah terjadinya bottle neck di KM 37 Cikarang Utama, dan titik kemacetan keempat yaitu lalu lintas arah ke Jawa Tengah.

"Sudah diantisipasi sama teman-teman dari Polda Jabar dan Jateng di sana dengan jumlah maksimal, jadi meskipun padat tetap berjalan lancar," kata Agung.

Selain mengawasi titik kemacetan, polisi juga mengimbau pengguna jalan jangan menggunakan rest area lebih dari tiga jam. Hal ini bertujuan agar tak terjadi penumpukan di rest area.

Tak hanya itu, Agung juga menjelaskan polisi akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga. Semuanya sepakat untuk menambah personel dan meningkatkan kualitas pengamanan.

(rr/TS)