www.republika.co.id

Setidaknya delapan kader Golkar akhirnya mendaftarkan diri untuk menjadi bakal calon ketua umum Partai Golkar. Kedelapan kader tersebut adalah adalah Aziz Syamsuddin, Setya Novanto, Ade Komarudin, Mahyudin, Indra Bambang Utoyo, Airlangga Hartarto, Priyo Budi Santoso, dan Syahrul Yasin Limpo.

Politisi senior Partai Golkar, Hajriyanto Tohari, mengaku cukup gembira dengan jumlah kader Golkar yang akhirnya mendaftar ke bakal calon ketua umum partai berlambang pohon beringin tersebut.

Mantan Wakil Ketua MPR itu menegaskan dengan jumlah pendaftar bakal calon ketua umum ini artinya Partai Golkar masih memiliki kader-kader terbaik. Pun dengan proses regenerasi di tubuh Partai Golkar.

''Kepastian ini menggembirakan, delapan bakal calon ketua umum yang mendaftar pada kesempatan ini. Artinya, Golkar tidak kehabisan kader dan regenerasi berjalan dengan baik,'' ujar Hajriyanto di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (4/5).

Sebelumnya, Komite Pemilihan Panitia Pengarah Munaslub Partai Golkar telah menerima berkas pendaftaran bakal calon ketua umum. Masa pendaftaran bakal calon ketua umum itu ditutup pada Rabu (4/5) malam.

Rencananya, Komite Pemilihan akan segera melakukan verifikasi terhadap berkas-berkas administrasi bakal calon ketua umum yang telah mendaftar.

Setelah proses verifikasi ini selesai, Komite Pemilihan akan menggelar rapat untuk menetapkan bakal calon yang lulus verifikasi berkas. Kemudian, Komite Pemilihan akan mengumumkan bakal calon ketua umum pada Jumat (6/5) mendatang. Proses ini akan diikuti dengan pengundian nomor urut pada keesokan harinya.

(rr/Knf)