www.thestar.com.my

Usaha seorang pemuda untuk selfie bersama patung Raja Portugal abad ke-16 berujung bencana setelah patung berusia 126 tahun itu jatuh dan hancur berkeping-keping, kata polisi, Rabu (4/5).

Pria yang tidak disebutkan namanya oleh polisi itu tidak sengaja menjatuhkan patung Dom Sebastiao setelah memanjat alasnya yang terletak di luar stasiun kereta api Rossio di pusat Lisbon, tepat sebelum tengah malam Selasa waktu setempat lalu.

Dia mencoba melarikan diri dari tempat kejadian itu, namun polisi menangkapnya. Dia akan dihadapkan ke persidangan di kemudian hari.

Patung seukuran anak-anak dari raja bermata sedih dan menghunus pedang itu berdiri di ceruk antara dua lengkungan berbentuk tapal kuda di pintu masuk stasiun yang selesai dibangun pada 1980 dan merupakan cagar budaya itu.

Dom Sebastiao, yang memerintah antara 1557 dan 1578, adalah sosok tragis dalam sejarah Portugis. Ia tewas dalam pertempuran pada usia 24 tahun selama Perang Salib yang dipicunya di Maroko.

Tubuhnya tidak pernah secara pasti diidentifikasi sehingga menciptakan legenda bahwa raja satu hari nanti akan kembali untuk mengklaim tahtanya dan menyelamatkan Portugal dari masa sulit, demikian Reuters.

(rr/TS)