bangka.tribunnews.com

Wacana perpanjangan jabatan Kapolri, pekan-pekan terakhir mewarnai pemberitaan dan menarik perhatian anggota DPR. Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti akan memasuki masa pensiun pada Juli mendatang. Namun, muncul wacana Presiden Jokowi akan memperpanjang masa jabatan Badrodin.

Berdasarkan wacana tersebut, PKS rencananya akan menanyakan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang jabatan Kapolri, jika rencana tersebut dilaksanakan.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS Habib Aboebakar Alhabsyi menilai perpanjangan jabatan Kapori tidak ada dasarnya.

"Yang perlu diperhatikan bahwa perpanjangan itu tidak ada dasarnya, dan apa dasarnya itu yang perlu kita pertanyakan," kata Aboebakar di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/5).

Ketika disinggung siapa yang layak untuk mengantikan orang nomor satu di Kepolisian tersebut, politisi ini menyebut nama Budi Gunawan.

"Siapa calon yang paling layak, yang paling layak ya Budi Gunawan lah," ucapnya.

Hanya saja, dirinya tak bisa berbuat banyak jika jabatan Kapolri diperpanjang oleh Presiden Jokowi.

"Kalau diperpanjang ini wewenang presiden, kita nggak bisa berbuat apa-apa. Cuma kita akan tanyakan semoga dasar yang dipakainya jelas," tegasnya.

(rr/TS)