www.beningpost.com

Macet merupakan `makanan` sehari-hari masyarakat kota Jakarta. Terjebak macet menjadi hal yang paling meyebalkan bila kita tidak bisa menduga mengapa hal ini bisa terjadi. Trafi, aplikasi transportasi umum berkelas Internasional mencoba menjawab tantangan yang melanda Ibu Kota.

“Ini akan menjadi dukungan besar untuk para komuter di Jakarta, kota dengan kemacetan dan kurangnya informasi akurat dan lengkap yang menyulitkan mereka dalam merencanakan perjalanan. Pendekatan dengan fokus real-time dan akurat dari Trafi menawarkan akurasi informasi tertinggi, yang menunjukkan kepada Anda apa yang sebenarnya terjadi pada transportasi umum di kota Anda saat ini,” kata Dimas Dwilasetio, Country Manager TRAFI di Indonesia.

Pada peluncuran awalnya Trafi menyediakan dukungan penuh untuk TransJakarta. Dimas menjelaskan bahwa Trafi merupakan alat perencanaan perjalanan perkotaan paling akurat dengan algoritma uniknya, yang didukung oleh data real-time.

Welfizon Yuza, Service and Development Director, Transjakarta, mengatakan, “Ketersediaan teknologi real-time Trafi akan membawa TransJakarta ke level tertinggi dalam penyediaan informasi transportasi umum untuk penumpang, yang saat ini hanya ada di beberapa kota di dunia,”.

“Dengan Trafi, kini untuk pertama kalinya, semua penumpang bisa mengetahui posisi bus TransJakarta pada peta saat mereka melalui koridor TransJakarta tersebut. Kami sangat senang bekerja sama dengan Trafi untuk kepentingan penumpang kami.” Yuza menambahkan.

Peluncuran Trafi di Jakarta memungkinkan kota ini untuk mewujudkan konsep Smart Mobility. Dengan alasan ini, Trafi telah menjalin kerja sama erat dengan Jakarta Smart City untuk memperluas cakupannya ke angkot, Metromini dan berbagai jaringan bus dari semua operator bus di Jakarta.

Sebagai informasi, Trafi yang didirikan di Lithuania pada tahun 2013, menyediakan informasi perencanaan perjalanan yang presisi, melalui kerjasama strategis dengan pihak transportasi yang berwenang.

Fokus tim adalah pasar berkembang dengan pertumbuhan tinggi, di mana mereka menggunakan teknologi prediktif untuk mengamati pola lalu lintas lokal dan menerapkan algoritma Trafi untuk menghitung dengan tepat waktu perjalanan.

Aplikasi ini terpilih sebagai Travel Planner terbaik untuk transportasi umum dalam Olympic Games 2016 oleh Cidade Olímpica (Olympic City) Rio de Janeiro, dinobatkan dalam daftar ‘Best Apps 2014’ Apple di Turki, dan terus berada dalam daftar teratas di kelasnya di Google Play Store dan Apple App Store di pasar-pasar utamanya.

Trafi saat ini tersedia di Brasil, Turki, Lithuania, Latvia, Estonia, Rusia, dan Taiwan. Kantor pengelola Trafi di Indonesia telah aktif sejak April 2016.

(rr)