www.beningpost.com

Industri otomotif Indonesia menjadi salah satu industri andalan yang memiliki peran besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional dengan pertumbuhan lebih besar dari rata-rata pertumbuhan PDB sejak 2010. 
 
Industri otomotif juga merupakan elemen penting penggerak roda ekonomi Indonesia, industri ini memberikan lapangan kerja bagi 1,4 juta pekerja di Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan yang berlangsung pada hari Kamis, 21 Juli 2016 di Jakarta, antara Kementerian Perindustrian dengan Gabungan Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO), serta seluruh pimpinan perusahaan industri otomotif dan Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia.
 
Acara ini dipimpin oleh langsung oleh Menteri Perindustrian R.I., Saleh Husin yang didampingi oleh Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian Sorjono.
 
Pertemuan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai upaya peningkatan investasi pengembangan dan pencapaian tujuanroadmap industri otomotif Indonesia.
 
Dalam acara ini dibicarakan salah satu upaya Kementerian Perindustrian terhadap roadmap industri otomotif yang telah disusun yang bertujuan untuk mendorong jumlah produksi mobil hingga 2,5 juta unit pada tahun 2020.
 
“Target peningkatan produksi tersebut perlu dibarengi dengan target peningkatan investasi yang masuk ke indonesia. Dengan harapan dapat memberikan multiplier effect yang lebih besar dalam mendorong perekonomian nasional untuk menjadi lebih baik,” ujar Saleh Husin.
 
Saleh Husin juga menyampaikan bahwa Industri otomotif Indonesia merupakan salah satu Industri andalan yang memiliki peran besar dalam PDB nasional. Dan dengan demikian menjadi salah satu industri yang pertumbuhannya sangat diperhatikan Negara.

Guna mendukung tujuan tersebut, Kementerian Perindustrian RI memberikan dukungannya kepada GAIKINDO yang dalam pelaksanaan pameran otomotif berskala internasional The 24th GAIKINDO Internasional Auto Show (GIIAS) 2016.
 
“Saya sangat senang menyambut pameran tersebut, sebagai upaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk dan potensi industri otomotif Indonesia,” paparnya.
 
Dia juga memesankan agar pada pameran ini semakin banyak diperkenalkan kepada masyarakat produk-produk mobil yang ramah lingkungan, yang memiliki emisi karbon yang rendah serta konsumsi bahan bakar yang efisien.
 
(rr/Syam)