dailysocial.id

Sebagai salah satu pasar yang luar biasa potensial untuk industri financial technology (Fintech), sudah saatnya masyarakat Indonesia mendapatkan akses ke informasi dan edukasi finansial secara menyeluruh.

Baru-baru ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Kamar Dagang & Industri (KADIN) mengumumkan sebuah inisiatif baru sebagai bentuk konkrit dukungan untuk pertumbuhan industri Fintech di Indonesia. Inisiatif ini dinamakan Indonesia Fintech Festival & Conference 2016.

Indonesia Fintech Festival and Conference 2016 adalah sebuah acara yang akan menjembatani semua stakeholder di industri Fintech, mulai dari regulator, institusi keuangan swasta, investor, startup, inkubator, asosiasi industri dan juga dari kalangan akademis.

Menyambut diadakannya Indonesia Fintech Festival & Conference 2016, para pelaku industri digital melayangkan dukungan untuk acara eksibisi dan konferensi Fintech terbesar di Indonesia. Dan tentu saja, Asosiasi Fintech Indonesia merupakan salah satu pendukung Indonesia Fintech Festival & Conference 2016 dan juga menaungi perusahaan-perusahaan Fintech di Indonesia dan juga telah menjalin hubungan baik dengan regulator.

Niki Santo Luhur, Ketua Umum Asosiasi Fintech Indonesia, mengatakan, “Pelaku usaha Fintech yakin akan ada lebih banyak kerjasama saling menguntungkan antara lembaga keuangan seperti bank dengan perusahaan teknologi atau Fintech di masa depan,"

Saat ini Fintech sudah membantu bank membuka saluran baru distribusi produk keuangan‎, mempermudah proses akuisisi nasabah dan merchant, dan membantu efisiensi operasional serta mengelola risiko. Jadi, kami melihat momentum yang tepat bagi regulator, lembaga keuangan, dan Fintech untuk duduk di satu forum dan mendiskusikan strategi bersama,” lanjut Niki.

Sebagai salah satu media yang fokus ke industri teknologi, DailySocial juga tidak mau ketinggalan mendukung event ini. Rama Mamuaya, CEO DailySocial, memberikan pernyataan resmi, “Sudah saatnya Indonesia fokus ke teknologi dalam membantu penyebaran produk-produk perbankan demi mendukung penyebaran kesejahteraan masyarakat Indonesia.”

Hal-hal seperti ini akan menjadi sorotan untuk diskusi di acara Indonesia Fintech Festival and Conference 2016 yang akan dihadiri oleh hadirin dari perwakilan pemerintah, regulator, bank, asuransi, lembaga peminjam, startup, investor dan institusi perbankan lainnya.

Acara ini akan diadakan pada tanggal 29-30 Agustus 2016 di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) di BSD, Tangeran, Banten.

Beberapa pembicara yang dijadwalkan untuk hadir antara lain: Darmin Nasution (Menteri Koordinator Perekonomian), Muliaman Hadad (Ketua Dewan Komisioner OJK), Rudiantara (Menteri Kominfo), Enggaristo Lukita (Menteri Perdagangan), Rosan P. Roeslani (Ketua Umum Kadin), Ronald Waas (Bank Indonesia), Kartika Wirjoatmodjo (Presiden Direktur Bank Mandiri), Asmawi Syam (Direktur BRI), Armand Hartono (Wakil Presiden Direktur BCA), Jerry Ng (Presiden Direktur BTPN), Su Shan Tan (Presiden Komisaris DBS), Tigor Siahaan (Direktur Utama CIMB), Alex Rusli (Direktur Utama Indosat Dompetku), Nadiem Makarim (CEO Gojek), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia) dan lain-lain.

(rr)