www.otoblitzclassic.com

Menjelang pelaksanaan Pameran Otomotif Makassar (POMA) 2016 yang memasuki tahun ke 5 (Lima), berbagai persiapan cukup intens di lakukan Oleh Dyandra Promosidno Makassar. 

Sepert tahun-tahun sebelumnya POMA 2016 dikemas menjadi perhelatan akbar industri otomotif dengan paduan dan tampilan layaknya motor show yang selama ini hanya bisa kita saksikan di ibu kota, Jakarta.  Tentu bukan perkara yang mudah jika melihat kembali perjalanan POMA, mempertahankan kualitas dan terus berinovasi dari tahun-ketahun yang sekaligus menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi PT. Dyandra Promosindo.

Pameran Otomotif Makassar merupakan rangkaian dari Indonesia International Motor Show (IIMS) di bulan April lalu (07-17 di JIExpo Kemayoran). IIMS mengangkat tema “the essence of motor show” juga telah berhasil memukau para pengunjung dengan konsep barunya, menggambungkan seluruh unsur dan elemen dari industri otomotif, bukan cuman hanya mengedepankan sisi jualan saja.

Semangat IIMS inilah yang akan di turunkan ke daerah-daerah dimulai dengan  seri roadshow: Pameran Otomotif Medan (POM) 2016 pada tanggal  25-29 Mei 2016 di Santika Dyandra Premiere Medan, Pameran Otomotif Makassar (POMA) 2016 pada tanggal 5-9 Oktober 2016 di Celebes Convention Center, dan ditutup dengan Pameran Otomotif Surabaya (POS) 2016 pada tanggal 7-11 Desember 2016 di Grand City Surabaya.

Sejak awal pelaksaaannya Pameran Otomotif Makassar (POMA) telah menjadi barometer pameran otomotif khususnya di Indonesia Timur. Hal ini terlihat bagaimana POMA cukup sensitif dengan isu dan perkembangan industri otomotif Nasional, misalnya di tahun 2015 lalu saat berbagai industri sedang menurun akibat imbas dari krisis ekonomi global serta adanya efek dari Indonesia memasuki pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), POMA justru melawan arus isu tersebut dan membuktikan kekuatan ekonomi di Indonesia Timur yang stabil bahkan cenderung membaik.

Pasar otomotif tetap bergairah terbukti dengan penjualan kendaraan di POMA 2015 mencapai 1,093 unit mobil dengan mem-buku-kan nilai transaksi sebesar Rp287,93 Milliar, serta pencapaian jumlah pengunjung POMA ditahun 2015 lalu di angka 38,725 pengujung. Tentu hal ini semakin mengukuhkan POMA sebagai ajang pameran otomotif terbaik dan juga sudah menjadi trademark pameran otomotif di Indonesia Timur.

Tahun ini, POMA masih akan menempati Venue yang sama yaitu Celebes Convention Center (CCC) disamping karena luas area CCC yang sesuai dengan kebutuhan pameran, juga karena banyaknya program-program pendukung yang hanya memungkinkan di laksanakan di CCC. Seperti area outdoor untuk berbagai kegiatan acara hingga kegiatan offroad yang mana hal tersebut tidak ditemukan di pameran sejenis yang ada di Makassar.

Lima Tahun Eksis, POMA perbanyak konten Program dan Promosi

Persiapan sosialisasi dan Promosi pameran selalu dilaksanakan jauh-jauh hari seperti rangkaian Pra-event dalam bentuk mobile activation baik di Makassar maupun Luar Makassar antara lain: Makassar waterfront autofest, Nonton bareng F1 dukung Rio Haryanto, Nasdem Sodeng Sidrap Autocontest, Community Gathering sampai Partisipasi Pada event Makassar Auto Slalom Contest Walikota Cup.

Program menguji adrenalin dari rangkaian outdoor Experience seperti: Slalom Show Race, Classic Car Parade, Mud Racing, Mud Buggy, Gilas Mobil, Test Drive Offroad sampai Enduro Night Race dipastikan akan kembali hadir di POMA 2016.

Selain tentunya tetap dengan program-program pendukung lain yang menggabungkan Art, Entertainment dan Competition seperti seperti dukungan dari media CAN (Car Audio Network) yang akan menghadirkan One stop Entertainment & Sound Competition (Sound Quality, SPL Boxing Day, Engine Loud, Audio Babes, Car Audio Monster), rangkaian kompetisi seperti Air Brush, Make Over Helmet, Modification Contest, Sexy Babes Carwash, Touch the  Car Challange, ajang pemilihan Miss Motorshow (Miss POMA), sampai pada penampilan National Artist Performance yang juga didukung oleh sajian entertainment dari local line up DJ and Band.

Mawardha Dj selaku Branch Manager PT. Dyandra Promosindo Makassar POMA tahun 2016 akan kembali menghadirkan Movie Car series, kali ini dengan Line up Movie Car yang lebih Hits, yaitu “Batmobile” dari film “Batman Forever” mobil yang khusus di impor dari salah satu museum di Amerika ini membutuhkan waktu yang cukup panjang hingga ahirnya mobil ini bisa dibawa ke daerah. Yang menarik tahun ini kami juga concern pada proses edukasi sehingga kami hadirkan POMA Edu Class, sebuah program workshop yang akan mengangkat beberapa issue seperti safety riding, pembekalan untuk 4x4 program experience, sampai pada training inspiration buat yang ingin membuka usaha bengkel dan aksesoris. 

POMA juga telah turut serta mengajak pengunjung untuk saling berbagi lewat program Coorporate Social Responsibility (CSR): Blood dan Book Donation serta mengundang pelajar-pelajar dari berbagai sekolah di Makassar untuk mengunjungi POMA lewat program Student Visit.

Momentum Pelaksanaan Pameran Otomotif  Makassar 2016 tentunya diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ekonomi di Sulawesi selatan, dengan banyaknya Line Up terbaru yang dikeluarkan Agen Pemegang Merek, Dyandra Optimis POMA 2016 akan semakin menarik karena akan menghadirkan beberapa line up dari Brand-brand APM.

(rr)