www.beningpost.com

Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia yaitu sekitar 250 juta jiwa, dan mempunyai karakter konsumtif, sehingga menjadi ladang rebutan dari 12 negara untuk memasarkan produk franchise mereka ke Indonesia.
 
Mereka akan masuk pasar Indonesia melalui pintu ajang pameran besutan Reed Panorama Exhibitions yaitu Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2016, Cafe & Brasserie Indonesia 2016 dan Retail Solution Expo 2016 pada tanggal 2 - 4 September 2016 di Hall B, Jakarta Convention Center, dan teebuka untuk umum.
 
Ke-12 negara tersebut adalah Indonesia, Singapura, Thailand, Taiwan, China, Korea, Jepang, USA, Lithuania, Australia, Vietnam dan UK. Di mana mereka akan menampilkan lebih dari 350 brand waralaba dari 200 perusahaan.
 
"Indonesia menjadi target pasar franchise di dunia, karena jumlah penduduk yang banyak dengan jiwa yang konsumtif," ujar Levita Supit, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI) dalam jumpa pers hari Kamis (25/8) di Jakarta.
 
Levita Supit tak khawatir dengan masuknya pengusaha waralaba asing ke Insonesia, justru dia melihat hal ini akan membuka wawasan bagi bangsa kita yang akan menjadi pengusaha waralaba.
 
Bahkan dia pun memandang waralaba asing menjadi sebuah peluang untuk menjalin kerjasama dengan pengusaha lokal untuk memasarkan produk mereka di Indonesia, dan sekaligus membuka peluang lapangan kerja baru.
 
Menurut Levita, ajang FLEI merupakan ajang pameran yang akan memfasilitasi bertemunya investor (franchisee) dengan brand waralaba (franchisor) menjadi ajang efektif unruk melahirkan pengusaha-pengusaha.
 
Ditambahkannya, guna membekali pengetahuan calon investor (franchisee) soal sunia waralaba, dalam gelaran FLEI 2016 juga akan diselenggarakan National Franchise Business Forum 2016.
 
"Sejumlah pakar waralaba dan pengusaha nasional akan berbagi strategi jitu kupas tuntas sunia bisnis waralaba," paparnya.
 
Sementara James Boey, General Manager Reed Panorama Exhibitions menambahkan, dengan adanya ajang pameran ini diharapkan terbangun suatu sinergi dari masing-masing bisnis agar dapat menciptakan peluang usaha yang lebih besar dan network yang lebih luas.
 
(rr/Syam)