www.beningpost.com

Picanto Club Indonesia (PiCA), komunitas independen pemilik Kia Picanto di Indonesia memperingati hari jadinya yang ke-12 tahun ini dengan mengadakan kegiatan Jambore Nasional (JamNas PiCA 2016) di Kawasan Wisata Kebun Teh Tambi – Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. 
 
Tema dari kegiatan JamNas PiCA 2016 adalah “Together to Unity” atau “Bersama untuk Bersatu” yang dimaksudkan bahwa dengan perjalanan selama 12 tahun Picanto Club Indonesia, para picaers (sebutan untuk para Premium Member/anggota PiCA) dapat menjalin kebersamaan untuk satu tujuan yaitu hubungan yang lebih erat antar sesama anggota.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh para anggota PiCA dari sejumlah daerah seperti Jabodetabek, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Solo, Magelang, Surabaya, dan Bontang pada tanggal 7-9 Oktober 2016 dan berjumlah kurang lebih 144 peserta.
 
Kegiatan JamNas PiCA kali ini didukung oleh PT Kia Mobil Indonesia (KMI) dan beberapa sponsor seperti PT XL Planet (Elevenia), Pertamina Retail dan juga Smartfren.
 
“Acara JamNas PiCA 2016 diharapkan dapat menjadi ajang konsolidasi buat para picaers dari semua wilayah di Indonesia,” ujar Irfan selaku Ketua Umum PiCA periode 2015-2017.
 
Menurut Irfan, dengan mengikuti kegiatan Jambore Nasional ini, pastinya interaksi di antara teman-teman picaers se-Indonesia semakin akrab. Semoga di usia PiCA  yang ke-12, Picanto Club Indonesia dan picaers semakin solid serta sifat kekeluargaannya menjadi lebih erat.
 
Kegiatan JamNas PiCA 2016 ini diawali dengan acara pre-event JamNas PiCA 2016 pada tanggal 1 Oktober 2016 dimana kendaraan Kia Picanto para peserta dipersiapkan dan diperiksa di beberapa bengkel resmi Kia secara serentak yaitu Kia Mobil Indonesia (KMI) Sunter, KMI Semarang, Kia Siloam Soekarno Hatta Bandung dan Kia Siantar Surabaya.
 
Selain itu, para peserta juga diberikan briefing dan pembekalan dari panitia mengenai persiapan yang diperlukan, informasi mengenai rute yang akan dilalui, kegiatan selama JamNas PiCA 2016, informasi pembagian grup, dan pemasangan sticker atribut JamNas PiCA 2016.
 
Pada tanggal 7 Oktober 2016, para peserta JamNas PiCA 2016 melakukan perjalanan (touring) dari sejumlah titik keberangkatan sejak subuh menuju kawasan Wisata Kebun Teh Tambi – Dieng dimana untuk peserta yang berdomisili di kawasan Jabotabek dan Bandung start dilakukan di Rest Area Km 102 Jalur Tol Cikopo-Palimanan.
 
Rute yang paling menantang adalah rute menuju pegunungan Dieng yang memiliki ketinggian antara 800 hingga 2000 mdpl. Tanjakan, turunan serta rute yang berkelok sepanjang perjalanan sangat menantang para peserta untuk dapat membuktikan performance dan keunggulan Picanto.
 
Dengan pemandangan perkebunan tanaman sayuran dan udara pegunungan yang disertai hujan dan kabut, para peserta sekaligus dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa. Perjalanan (touring) berakhir di Perkebunan dan Pabrik Teh Tambi sebagai lokasi diselenggarakannya JamNas PiCA tahun ini.
 
Selama JamNas PiCA ini, para picaers dilibatkan dalam aktifitas team building dan games yang dibuat oleh panitia serta menyaksikan peluncuran merchandise resmi dari PiCA berupa tas pinggang yang dapat mengakomodir aktifitas para picaers.
 
Setelah acara JamNas PiCA 2016 di Dieng selesai maka pada tanggal 9 Oktober 2016, para picaers melakukan perjalanan pulang untuk kembali ke daerahnya masing-masing dengan rute yang menantang seperti saat pertama kali berangkat. Selama perjalanan pergi maupun pulang ini tidak terjadi kendala apapun baik yang menyangkut kendaraan maupun para pesertanya.
 
Sebagai penutup rangkaian kegiatan JamNas PiCA 2016, diadakan acara post-event pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 secara serentak di beberapa daerah. Dalam acara post-event ini, kendaraan para peserta mendapatkan free checking di beberapa bengkel resmi Kia yang difasilitasi oleh PT Kia Mobil Indonesia.
 
Melalui kegiatan free checking ini, para peserta dapat mengetahui kondisi kendaraan Picanto-nya setelah melakukan perjalanan jauh untuk acara JamNas PiCA 2016.
 
(rr/Syam)