Nasional - Republika Online

Ada kabar baru soal kasus pembelian lahan RS Sumber Waras yang diduga melibatkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ketua KPK Agus Rahardjo mengaku mendapatkan undangan pertemuan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pertemuan menurut Agus berkaitan dengan kasus pembelian lahan RS Sumber Waras.

"Saya dapat info soal fakta baru kasus Sumber Waras, BPK mau ketemu KPK," kata Agus di sela acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (1/12).

Agus menjelaskan, agenda pertemuan tersebut kemungkinan terkait ada bukti baru mengenai perkara tersebut yang ingin disampaikan BPK pada KPK. "Kelihatannya ada bukti baru mengenai Sumber Waras," kata Agus.

Saat ini, kata Agus, KPK belum menghentikan kasus tersebut. Kasus Sumber Waras saat ini masih dalam tahap penyelidikan di KPK.

"Karena kan KPK memang belum pernah menghentikan kasus Sumber Waras ini, penyelidikan lho ya, penyelidikan kasus Sumber Waras," ucapnya.

Agus mengatakan pertemuan antara KPK dengan KPK itu akan dilakukan dalam waktu dekat. "Belum kalau minggu ini, tapi dalam waktu dekatlah," imbuh Agus.

Kasus pembelian lahan RS Sumber Waras tersebut sempat melejit karena diduga melibatkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Saat itu BPK bersikeras meminta Pemprov DKI Jakarta untuk mengembalikan Rp 191 miliar terkait pembelian lahan RS Sumber Waras. Namun di sisi lain, Pemprov DKI yakin tidak ada kesalahan dalam pembelian lahan tersebut.

(rr/HT)