www.beningpost.com

Kemajuan teknologi yang sangat pesat di bidang kesehatan memengaruhi layanan yang digunakan di rumah sakit dari masa ke masa.

Saat ini pengobatan medis terus berpadu dengan teknologi dan terus berinovasi. Selama 30 tahun, RS Pondok Indah Group senantiasa berkomitmen mengadopsi inovasi teknologi medis terkini untuk menghadirkan layanan kesehatan terbaik.

Merayakan 30 tahun perjalanan RS Pondok Indah Group, Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS, mengatakan, “Teknologi menjadi salah satu elemen terpenting bagi sebuah rumah sakit. RS Pondok Indah Group menyadari bahwa untuk bisa melayani pasiennya dengan lebih baik lagi, pengadopsian teknologi terkini pada sejumlah fasilitas di rumah sakit harus dijalani,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima redaksi BeningPost.com, Kamis (10/12).

Deteksi masalah kesehatan menjadi lebih mudah dengan ditemukannya CT-Scan yang merupakan perkembangan dari sinar-X yang sebelumnya hanya dapat menampakkan citra tubuh dalam dua dimensi saja.

CT-Scan kemudian semakin disempurnakan dengan hadirnya MRI 3 Tesla Skyra dengan berbagai fiturnya. Dengan alat ini, bagian tubuh yang ukurannya kecil, seperti pembuluh kapiler dapat terlihat dengan jelas. Selain itu, penggunaannya juga relatif mudah dan cenderung lebih aman pada batas tertentu.

“Diagnosis pasien memerlukan kecepatan dan keakuratan yang tinggi. Sekarang, dalam hitungan detik saja pemeriksaan sudah bisa diketahui hasilnya. Teknologi medis pada screening pun terus berkembang. Fitur-fitur terbaru membantu pencitraan organ tubuh, pembuluh darah dan jaringan otot semakin terlihat jelas,” tutur Dr. Med. Luqman Adji Saptogino, Sp. Rad (K), Sp. KN selaku Dokter Spesialis Radiologi Kedokteran Nuklir RS Pondok Indah-Pondok Indah.

Keakuratan pencitraan dan semakin canggihnya alat-alat kesehatan juga berdampak pada teknologi yang digunakan untuk memeriksan kesehatan kandungan.

Ultrasonografi atau USG merupakan salah satu teknologi yang membantu dokter melihat kondisi organ tubuh atau janin pada ibu hamil.

USG 4 Dimensi (USG 4D) dapat menunjukkan gerakan janin, seperti gerakan jari, kepala, hingga denyut jantung janin, sehingga memudahkan dokter dalam mengidentifikasi setiap masalah pada kandungan dengan cepat.

dr. Azen Salim, Sp. OG – KFM, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fetomaternal RS Pondok Indah-Pondok Indah, menjelaskan, “USG merupakan ‘mata’ bagi dokter untuk melihat kesehatan ibu dan janin. Penggunaan USG 4D akan memperlihatkan kelainan pada janin dengan lebih detail, misalnya bibir sumbing, atau kelainan pada pembuluh darah,”

Ia juga menambahkan, “Kamera untuk USG didukung dengan teknologi High Definition (HD) sehingga pencitraan pun menjadi semakin jelas. Bila kelainan seperti ini sudah diketahui sejak awal, dokter bisa segera mengambil tindakan untuk mengoreksi kelainan tersebut.”

“Kami berharap adopsi teknologi medis di RS Pondok Indah, dapat membantu kami dalam memberikan layanan kesehatan terbaik. Ke depannya, kami berkomitmen untuk terus memperbaharui berbagai teknologi medis demi menghadirkan kualitas bagi kesehatan dan kenyamanan pasien kami,” tutup dr. Yanwar.

(rr)