www.beningpost.com

Practo, platform layanan kesehatan terkemuka, hari ini, Jumat (16/12) mengumumkan pengakuisisian Enlightiks, yakni penyedia platform analitik canggih yang berasal dari Bangalore, yang menawarkan solusi intelejen bisnis (business intelligence/BI) bagi perusahaan-perusahaan layanan kesehatan.

Akuisisi ini semakin memperkuat portofolio Practo yang terkemuka dalam industri di segmen perusahaan layanan kesehatan dan meningkatkan solusi-solusi yang sudah ada seperti manajemen pembuatan janji temu dengan Qikwell dan solusi lengkap Hims dengan Insta. 

Shashank ND, Founder & CEO, Practo mengatakan, “Ini adalah akuisisi kelima kami dan ketiga untuk enterprise. Hal ini semakin mendekatkan Practo dalam mewujudkan visinya untuk menyederhanakan layanan kesehatan dengan menyediakan solusi end-to-end bagi seluruh ekosistem,"

Penawaran unggulan dari Enlightiks adalah Querent, yang merupakan sebuah intelejen bisnis dan platform analitik prediktif yang menyediakan informasi yang dapat diaplikasikan menggunakan model matematika, statistik, komputasi dan kognitif yang kompleks. Hal ini memungkinkan para CXO mengoptimalkan bisnis mereka secara real time sejak penggunaan pertama.

"Dengan Querent, kami bisa membantu para CXO menjalankan perusahaan mereka jadi lebih efisien yang juga seharusnya meningkatkan kualitas keseluruhan perawatan dan pada saat yang sama menjadikannya lebih terjangkau,” ujarnya.

Querent dapat memberikan prediksi yang akurat untuk metrik bisnis utama dan membantu perusahaan-perusahaan mengambil tindakan proaktif yang dapat memberikan dampak positif terhadap keputusan bisnis, baik dalam jangka pendek maupun jangka menengah.

Platform ini memiliki kemampuan untuk membaca informasi baik yang terstruktur dan tidak terstruktur dan menerapkan machine learning canggih serta teknik-teknik pembelajaran yang mendalam untuk mengungkap informasi tersembunyi.

Platform ini menggunakan teknologi Natural Language Generation (NLG) untuk menghadirkan informasi otomatis bagi para pengguna bisnis dengan menganalisis sejumlah volume informasi besar yang berada di dalam Hospital Information System (HIS) dan sistem transaksional lainnya.

Platform ini juga memungkinkan interpretasi visual informasi serta menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan layanan kesehatan di berbagai bidang termasuk operasional, keuangan, kualitas, harga, pemasaran, manajemen pelanggan dan penilaian risiko.

Saat ini ada lebih dari 200 pusat layanan kesehatan termasuk rumah sakit dan klinik di dalam negeri yang telah menggunakan platform tersebut. Beberapa pelanggan utama Enlightiks antara lain Apollo Sugar Clinics Ltd, Kokilaben Dhirubhai Ambani Hospital, Inamdar Multispecialty Hospital, Fernandez Hospitals Pvt Ltd, Eye-Q Vision Pvt Ltd, Sparsh Sandor Nephrocare Services Pvt Ltd, Ramesh Hospitals serta masih banyak lagi.

Tim Enlightiks yang beranggotakan 50 orang akan bergabung dengan Practo dan membentuk Analytics Business Unit di Practo yang nantinya akan dipimpin oleh Vamsi Chandra Kasivajjala, Co-Founder & CEO, Enlightiks.

Vamsi Chandra Kasivajjala, Co-Founder & CEO, Enlightiks, mengungkapkan bahwa Enlightiks sangat antusias untuk bergabung bersama Practo.

"Kami memiliki passion yang sama untuk menghadirkan akses layanan kesehatan bagi miliaran orang di mana intelejen dan analitik bisnis sangat penting. Kami memilih Practo sehingga kami dapat berkolaborasi dan bekerja sama untuk menghadirkan solusi-solusi yang unggul, komprehensif dan terintegrasi bagi para penyedia layanan kesehatan. Kami menantikan untuk bekerja sama dengan Shashank dan tim Practo untuk mewujudkan visi bersama dalam mentransformasi layanan kesehatan,” .

(rr)