Ilustrasi | detikHealth

Di tahap paling awal, gejala meningitis seringkali ditafsirkan sebagai tanda penyakit flu (influenza) karena ada beberapa kemiripan. Gejala meningitis bisa datang tiba-tiba atau berkembang secara bertahap dalam hitungan hari atau pekan.

Berikut ini beberapa gejala meningitis yang harus Anda ketahui, seperti dilansir laman Prevention:

1. Anda merasa seperti memiliki flu.
Memang merupakan hal aneh jika Anda memiliki demam dan merasa tidak enak badan setiap saat. Tapi itu bisa menjadi salah satu tanda pertama dari meningitis. Meningitis bisa bergerak cepat, jadi jika Anda merasa ada yang merasa salah, segera konsultasikan dengan dokter.

2. Leher Anda kaku
Ini tidak seperti rasa pegal di leher yang Anda dapatkan dari posisi tidur yang salah. Rasa sakit dari ketegangan leher cenderung menempel pada area spesifik di leher Anda.

Sakit meningitis pada leher terasa berbeda. Ia akan semakin memburuk ketika Anda melakukan peregangan.

3. Sakit pada mata saat melihat cahaya.
Jika Anda melindungi mata dari cahaya siang hari maka mungkin Anda terkena fotofobia atau ketidaknyamanan ketika ada cahaya terang. Kemungkinan hal ini juga terkait dengan peradangan pada saraf optik di belakang mata.

4. Anda bingung
Dokter Anda mungkin menyebutnya "mengubah keadaan mental," yang pada dasarnya berarti bahwa Anda memiliki kesulitan berpikir lurus.

5. Anda melihat bintik-bintik pada kulit Anda
Ruam seperti bendera merah memberitahu Anda ada sesuatu yang terjadi pada tubuh Anda dan titik-titik keunguan kecil menandakan meningitis. Ruam adalah tanda akhir dari meningitis dan sangat serius yang memberitahu bahwa Anda memiliki bakteri meningitis.

Tampaknya ketika bakteri melepaskan toksin ke dalam sistem tubuh Anda, maka hal ini membuat pembuluh darah kecil di kulit dan organ internal Anda pecah.

(rr/DZ/Jpn)