www.beningpost.com

DPP IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) mengeluarkan 5 Rekomendasi awal dalam menangani korban kebarakan Pasar Senen.
 
“Kami berharap rekomendasi tersebut mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” kata Abdullah Mansuri atau akrab disapa Rully, Ketua umum DPP IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) dalam siaran persnya kepada BeningPost.com hari Jumat (20/1) di Jakarta.

Lima rekomendasi awal DPP IKAPPI adalah :
1.     Menambah armada Damkar untuk mempercepat proses pemadaman dan pendinginan, termasuk mengisolasi blok pasar yang masih aman dari api.
2.       Pemerintah DKI Jakarta segera melakukan pendataan kepada seluruh pedagang korban kebakaran meliputi juga jumlah kerugian yang mereka terima dalam waktu sesegera mungkin. Pemerintah propinsi harus memastikan seluruh pedagang korban kebakaran terdata dan tidak ada yang terlewatkan.
3.       Segera menurunkan tim psikologis dan kesehatan guna menanggulangi beban psikologis pedagang yang banyak terguncang akibat musibah ini.
4.       Pemerintah DKI Jakarta dapat mengambil alih penanganan dan pengelolaan blok 1 dan 2 Pasar Senen dari pengelola PT Pembangunan Jaya. Demi terjaminnya percepatan koordinasi dan penanganan korban kebakaran.
5.       Pemerintah Propinsi DKI Jakarta wajib mengupayakan dan memastikan percepatan pembangunan tempat berdagang sementara (penampungan) di lokasi Senen, Jakarta Pusat dan tidak memungut biaya sepeserpun. agar pedagang tidak larut dalam duka dan bisa segera kembali berdagang. Dan mengijinkan berdagang di wilayah lokasi pasar serta memanfaatkan lokasi-lokasi strategis guna di jadikan tempat berdagang sementara sampai pasar selesai di bangun.
 
Menurut Rully, IKAPPI berharap 5 rekomendasi awal ini dilaksanakan secara serius oleh pemerintah DKI Jakarta demi percepatan pemadaman dan kelangsungan hidup para pedagang pasar yang menjadi korban dan kehilangan tempat berdagang untuk mencari rezeki.
 
(rr/Syam)