www.beningpost.com

Kebakaran Pasar Senen yang terjadi pada hari kamis (19/1) sekitar pukul 04.00 WIB kembali menumpahkan air mata pedagang Pasar Senen Jakarta Pusat.
 
Merujuk pada data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sementara ini total jumlah kios yang terbakar 1012 kios terbakar.
 
“Kerugian pedagang kami taksir sementara sebesar 101,2 Miliar,” kata Abdullah Mansuri atau akrab disapa Rully, Ketua umum DPP IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) dalam siaran persnya kepada Beningpost.com hari Jumat (20/1) di Jakarta.
 
Namun demikian, sambung Rully, kami pastikan bahwa kerugian yang timbul tidak kecil dan masih bisa bertambah sampai api benar-benar bisa dipadamkan. Maka dari itu harus ada langkah cepat dari pemerintah daerah agar nasib para pedagang di Pasar Senen Jakarta Pusat tidak semakin terpuruk.

Ditambahkannya, terkait indikasi kebakaran, kami masih menggali informasi dan data lebih mendalam. Saat ini Tim Investigasi dari DPP IKAPPI bersama pedagang tengah turun langsung ke lokasi bencana guna ikut melakukan pemadaman dan mengumpulkan data serta informasi dari saksi mata terkait musibah kebakaran pasar tersebut.

Kebakaran Pasar Senen Jakarta Pusat, tentunya kian menambah daftar panjang pasar tradisional di Indonesia yang terbakar. Ini seperti alarm peringatan bagi kita semua untuk terus meningkatkan kewaspadaan atas potensi terjadinya kebakaran. Terutama di pasar-pasar besar di seluruh Indonesia.

“Duka mendalam kami sampaikan kepada seluruh pedagang Pasar Senen Jakarta Pusat yang menjadi korban kebakaran. Kami juga menerima ungkapan duka dari berbagai pedagang pasar yang ada di seluruh Indonesia,” papar Rully.
 
Rully juga menegaskan, musibah kebakaran Pasar Senen ini merupakan musibah besar yang menyita perhatian publik dan kami nyatakan sebagai duka Nasional Pasar Tradisional di Indonesia Karenanya kebakaran Pasar senen harus ditangani secara serius.

Menurut data yang dihimpun oleh DPP IKAPPI sejak 1974 pasar senen jakarta pusat sudah mengalami 8 kali terjadi kebakaran. Belum lekang dalam ingatan kita terjadi kebakaran besar di wilayah yang sama di pasar senen yang terjadi pada tanggal 25 dan 26 april 2014 di blok III yang menghanguskan kurang lebih 3000 kios.
 
(rr/Syam)