www.beningpost.com

Membludaknya jumlah perangkat yang terkoneksi ke jaringan internet di tengah era Internet of Things (IoT) menghadirkan tantangan infrastruktur jaringan bagi industri.

Menjawab tantangan ini, Blue Power Technology (BPT), penyedia solusi infrastruktur TI dan anak perusahaan dari CTI Group, menyediakan solusi dan layanan networking untuk segmen enterprise hasil kerjasama dengan Extreme Networks.

Lugas M Satrio, Presiden Direktur BPT mengatakan, “Peranan Internet akan semakin krusial baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis di mana lebih dari 1,5 miliar perangkat baru akan saling terkoneksi.

Peranan internet di era IoT semakin kompleks, yakni menghubungkan objek, aplikasi, proses bisnis dan individu yang menimbulkan pertukaran data digital secara masif.

Perusahaan pun dituntut untuk memiliki infrastruktur network yang cepat, andal, namun ekonomis serta sesuai dengan perangkat mission critical yang ada.

"Tantangannya sekarang adalah bagaimana bisnis dapat menyediakan infrastruktur network terbaik yang bisa bebas dari koneksi lambat bahkan terputus sehinga produktivitas karyawan maupun relasi dengan stakeholders dapat terjaga.” lanjut Lugas.

Berdasarkan survei yang dilakukan CDW Corporation, enterprise di dunia terus berupaya melakukan pembaharuan di bidang network, di mana hardware, seperti wireless networking, router dan switch menjadi prioritas utama di tahun 2016.

BPT sebagai value-added distributor dan IT Expert Partner memahami tantangan tersebut dengan menawarkan produk dan solusi jaringan lengkap mulai dari kabel ke nirkabel, desktop, hingga data center milik Extreme Networks.

Meskipun lebih dikenal oleh perusahaan berskala enterprise, Extreme Networks juga banyak diimplementasikan pada bisnis retail dan startups yang memerlukan skalabilitas besar namun hemat biaya.

Adapun rangkaian produk dan solusi Extreme Networks terdiri dari:

1. Wireless access points dan wired switches
2. Extreme Analytics yang berfungsi menangkap data pada jaringan, mengumpulkan, menganalisis, menghubungkan, dan membuat laporan untuk membantu pengambilan keputusan
3. Extreme Cloud: Solusi manajemen jaringan berbasis cloud yang menawarkan skalabilitas
4. Extreme Management yang menyediakan visibilitas dan kontrol wired/wireless dari data center ke perangkat mobile untuk mengoptimalkan efisiensi jaringan dan mengurangi total biaya kepemilikan.  
5. Extreme Security Information and Event Management (SIEM) yang mengkonsolidasikan dan menyimpan data aktivitas ribuan perangkat di seluruh jaringan sebelum dilakukan korelasi langsung untuk membedakan ancaman nyata dari yang palsu.
6. Software-Defined Network (SDN) yang memungkinkan administrator jaringan untuk meng-initialize, mengontrol, mengubah dan mengatur perilaku jaringan secara dinamis.

Extreme Networks menempati posisi visioner dalam Magic Quadrant Gartner untuk kategori Infrastruktur Wired dan Wireless LAN Access.

Riset Gartner juga menempatkan Extreme Networks pada posisi top five vendor untuk kategori implementasi jaringan pada kantor dengan (1) akses wired dan WLAN, (2) all-wireless, (3) perusahaan UKM dan kantor cabang, dan (4) kategori IaaS dan Managed Service.

BPT akan menyediakan dukungan lengkap bagi para mitra bisnis dan pelanggannya, di antaranya certified engineer yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang network dan security, fasilitas Technology Center serta sumber daya di bidang penjualan dan pemasaran.

(rr)