www.beningpost.com

Karmenu Vella, Komisioner Uni Eropa (UE) urusan Lingkungan Hidup, Kemaritiman dan Perikanan, tiba di Indonesia pada hari Selasa, 21 Februari, didampingi delegasi para pejabat Eropa.
 
Kunjungan ini akan memperkuat dialog dan kerjasama UE-Indonesia dan UE-ASEAN di bidang lingkungan hidup, perubahan iklim dan tata kelola ekonomi kelautan secara berkesinambungan.
 
Ini merupakan misi tingkat tinggi pertama di sektor-sektor tersebut semenjak tahun 2004 dan bertujuan untuk meningkatkan momentum implementasi cepat dari Perjanjian Iklim Paris, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan perjanjian-perjanjian multilateral di bidang lingkungan hidup lainnya yang didukung oleh Indonesia, UE dan negara-negara anggota ASEAN lain.
 
Dalam kunjungan ini, Komisioner Vella bersama Menteri Siti Nurbaya akan membuka sesi pertama kelompok kerja bilateral untuk sektor lingkungan hidup dan perubahan iklim, sebagaimana diatur dalam kerangka Perjanjian Kemitraan dan Kerjasama UE-Indonesia.
 
Berbicara menjelang perjalanan beliau, Komisioner Vella mengatakan, Uni Eropa, seperti Indonesia, memahami bahwa keberhasilan ekonomi kelautan yang berkelanjutan atau 'biru' akan tergantung pada upaya kita mengelola lautan secara baik.
 
“Kita juga bekerja sama untuk memastikan kesinambungan sumber daya darat atau 'hijau'. Maka saya berharap dapat memperdalam ikatan 'biru' dan 'hijau' ini dalam bulan maupun tahun-tahun mendatang," ujar Komisioner Vella dalam siaran persnya kepada redaksi BeningPost.com, hari Selasa (21/2) di Jakarta.
 
Selama kunjungan ini, Komisioner Vella akan mengadakan serangkaian pertemuan, antara lain dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
 
Komisioner Vella akan bertemu pula dengan Deputi Sekretaris Jenderal Komunitas Ekonomi ASEAN Lim Hong Hin dan Deputi Sekretaris Jenderal Komunitas Sosial Budaya ASEAN Vongthep Arthakaivalvatee.
 
Disamping itu, Komisioner Vella dan delegasi akan melangsungkan diskusi dengan para misi diplomatik negara-negara anggota UE di Jakarta, para pengusaha setempat dan organisasi-organisasi masyarakat madani.   
 
Pada tanggal 23 dan 24 Februari, Komisioner Vella akan menghadiri World Ocean Summit yang diselenggarakan oleh The Economist di Bali.
 
(rr/Syam)