Indra dan Edhi | www.beningpost.com

Berdasarkan hasil Kongres Federasi Futsal Indonesia (FFI), setiap klub futsal profesional diharuskan melakukan pembinaan berjenjang, salah satunya dengan membentuk Tim U-20. Bolalob.com sebagai media yang intens dalam pemberitaan futsal di tanah air, telah diberi kepercayaan oleh FFI sebagai operator resmi FFI U-20 Championship.

Bekerja sama dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI) Bolalob.com akan menggelar Bolalob FFI U-20 Championship 2017, pada 25-31 Maret 2017 di GOR Pasar Minggu, Jakarta.

Event ini sebagai ajang pematangan para pemain muda menuju jenjang profesional.

Indra Bigwanto, Co-Founder PT Global Visi Media (GVM) kepada redaksi BeningPost.com menyatakan keinginannya membuat akademi futsal. Ia mengatakan, “Sebenarnya ada ide waktu itu membuat akademi. Namun DNA kami kan media, jadi pertama-tama yang kami lakukan ialah membangun iklim yang kondusif,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (23/3).

Salah satu upaya yang dilakukan, menurut Indra ialah mengundang pemain dari luar dengan kemampuan manajemen Bolalob. Tapi, Indra melanjutkan, Bolalob lebih prefer membuat turnamen-turnamen dengan kelas yang bagus, sehingga pada waktunya Bolalob akan mempunyai tim sendiri.

Terkait mengapa kerjasama ini baru terjalin, Indra menjelaskan bahwa Bolalob sejak enam bulan lalu tengah bebenah dari sisi infrastruktur.

“Bolalob baru kami beresin dulu supaya bisa menampung trafik yang tinggi, jadi kami mulai masuk saat ini. Setahun terakhir Bolalob baru mulai dirapikan,” kata Indra.

Indra menambahkan, “Buat kami, ini pembelajaran pertama. Kalau kami lancar dan baik, lalu kembali mendapat tawaran dari federasi, ya kami akan terima. Harapannya setiap tahun kami bisa terus membuat turnamen dari federasi.

Sementara itu, Edhi Prasetyo selaku Sekretaris Jenderal FFI, mengatakan, "Bolalob dan FFI, posisinya seperti PSSI dan PT. Liga dalam turnamen ini. Peraturan dan hadiah dari Bolalob, jika ada pelanggaran komisi disiplin dari FFI yang turun tangan," jelas Edhi.

FFI U-20 Championship 2017 yang disponsori oleh Air Mineral Prim-A, menyediakan hadiah berupa dana pembinaan dengan total Rp 50 juta serta subsidi kepada 15 klub peserta berupa uang tunai sebesar Rp 5juta.

Berikut ke-15 peserta FFI U-20 Futsal Championship 2017

1. Permata Indah Manokwari
2. Mataram FC NTB
3. Biangbola Indora FC
4. Giga FC Kota Metro
5. My Futsal Antam FC
6. IPC Pelindo II Jakarta
7. APK Samarinda
8. Kamiada FC
9. Bintang Timur Surabaya
10. Vamos Mataram
11. Kancil BBK Pontianak
12. BJL 2000 Shiba Semarang
13. SFC Planet Sleman
14. Kaimana FC Papua Barat
15. Black Steel Manokwari

Pembagian Grup Bolalob FFI U-20 Futsal Championship 2017.

Grup A
BJL 2000 Shiba Semarang
Black Steel Manokwari
Biangbola FC
Vamos Mataram

Grup B
Kancil BBK Pontianak
Kamiada FC Bekasi
Mataram FC NTB
Kaimana FC Papua Barat

Grup C
IPC Pelindo II Jakarta
APK Samarinda
My Futsal Antam
Permata Indah Manokwari

Grup D
Bintang Timur Surabaya
Giga FC Kota Metro
SFC Planet Sleman

Hadiah dan Trofi

Juara pertama                        Rp25 juta
Runner-up                   Rp10 juta
3rd Place                      Rp5 juta
4th Place                      Rp5 juta
Top Score                    Rp1 juta
Best Keeper                 Rp1 juta
Man of The Match      Rp1 juta
Best Coach                  Rp1 juta

(rr)