www.beningpost.com

Mengapresiasi peluncuran inisiatif BASE (Big Analytics Skills Enablement) dari Cloudera di Indonesia kemarin, Red Hat, penyedia solusi open source terkemuka di dunia, menyatakan dukungan penuh perusahaan terhadap program ini.

Sebelumya, Red Hat telah secara aktif mendukung peluncuran inisiatif BASE di Singapura dan Malaysia.

Bertemakan “Transforming Indonesia with Big Data”, peluncuran BASE Initiative ini diadakan di Puri Agung Convention Hall, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

BASE dari Cloudera merupakan sebuah ekosistem yang dipelopori industri TI yang dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja profesional data masa depan.

Dirancang untuk menunjang inisiatif-inisiatif Smart City di Indonesia dan untuk secara strategis menjembatani kesenjangan keterampilan tenaga kerja profesional data di pasar, BASE memungkinkan para pelaku industri, pemerintah, dan institusi-institusi akademis untuk bersama-sama membina dan mendukung lebih banyak tenaga kerja profesional dengan keterampilan yang diperlukan di bidang BDA.

Inisiatif ini juga mengikutsertakan perusahaan-perusahaan penyalur tenaga kerja yang berupaya menempatkan para profesional data terlatih sesuai dengan jabatan-jabatan yang ada di seluruh sektor, di mana keterampilan mereka dibutuhkan.

Selain Red Hat, beberapa perusahaan lain, seperti Bank Danamon, Data Science Indonesia, Dell EMC, Microsoft, and Telkomsigma, telah bergabung dengan BASE Initiative di Indonesia, dan berkomitmen untuk berperan serta dalam ekosistem kolaboratif ini.

Institusi-institusi akademis seperti Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Universitas Telkom juga telah bergabung guna memberikan pelatihan keterampilan data kepada mahasiswa mereka.

Monroe Consulting Group Indonesia, akan mendukung para tenaga kerja profesional data yang bersertifikat dengan mencocokkan kemampuan mereka dengan lowongan pekerjaan yang sesuai.

Dalam ajang kali ini, pihak Red Hat diwakili oleh Damien Wong, Vice President and General Manager, Red Hat ASEAN, serta Rully Moulany, Country Manager, Red Hat Indonesia.

(rr)