www.beningpost,com

Synology® Inc, sebuah perusahaan penyedia teknologi penyimpanan telah meluncurkan DiskStation DS1517+ dan DS1817+ bersama dengan Expansion Unit DX517.
 
Produk server tower canggih yang bisa ditingkatkan skalabilitasnya ke 5-bay dan 8-bay ini menawarkan kinerja tinggi, sangat handal, serta mampu memenuhi berbagai kebutuhan para pelaku teknologi serta bisnis skala kecil maupun menengah.
 
Jason Fan, Product Manager Synology Inc. mengatakan, solusi penyimpanan DS1517+ dan DS1817+ dari Synology ini menawarkan opsi-opsi penyimpanan yang lebih lengkap bagi para pelaku teknologi dan pebisnis kecil-menengah yang memiliki kinerja luar biasa untuk tugas-tugas data yang berat.
 
Jason menambahkan, DS1517+ dan DS1817+ merupakan dua NAS pertama dari Synology yang sudah mendukung M.2 SSD, yang dirancang untuk mengatasi masalah bottleneck kinerja dalam pekerjaan dengan beban berat dan dapat secara signifikan mengurangi latency I/O.
 
Dalam bisnis skala kecil/menengah seperti startup/perusahaan rintisan, penggunaan NAS untuk pengelolaan dan penyimpanan data merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mencapai keseimbangan antar biaya dan keuntungan yang didapat.
 
Umumnya, perusahaan kecil yang memiliki keterbatasan modal menggunakan hard drive eksternal untuk menyimpan data, tapi sebenarnya itu lebih cocok untuk penggunaan pribadi karena biasanya hard drive semacam ini tidak memiliki kemampuan backup otomatis, mudah terkena virus karena berbagi pakai, dan juga tidak dapat diakses oleh banyak pengguna secara bersamaan.
 
Bisnis startup terkenal akan kelincahannya, sehingga sebuah hard drive eksternal mungkin tidak memiliki fitur-fitur kolaboratif yang dibutuhkan, dan di sinilah sebuah NAS dibutuhkan.
 
Karena mendukung standar terbaru, bisa ditingkatkan kapasitasnya, serta kompatibel dengan cloud, DS1517+ dan DS1817+ adalah kombinasi sempurna untuk kinerja tinggi, skalabilitas dan penghematan biaya yang cocok untuk startup.
 
Spesifikasi dan Fitur
DS1517+ dan DS1817+ menggunakan prosesor Intel® Atom™ empat inti berkecepatan 2.4GHz dengan dua opsi memori standard 2GB dan 8GB, serta dapat ditingkatkan hingga 16GB.
 
Selain memiliki 4 portal jaringan built-in 1GbE, ada slot PCIe yang mampu menampung 10GbE network interface card opsional, menawarkan dua portal 10GbE untuk memaksimalkan bandwith.
 
Jika dipasangkan dengan dual channel memory dan 10GbE network interface opsional, kecepatan transfer data real antara server ke client dapat mencapai 1,179 MB/s untuk baca dan 542 MB/s untuk tulis.   
 
Karena dapat ditambahkan dengan kartu adapter PCIe Synology M2D17, DS1517+ dan DS1817+ dapat menggunakan dual M.2 SATA SSD sebagai cache, sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan secara signifikan tanpa menggunakan drive bay yang ada di muka untuk keperluan penyimpanan.
 
Kedua NAS jenis DS1517+ dan DS1817+ memiliki kemampuan untuk dapat dihubungkan ke unit expansion DX517 hingga 2 buah, sehingga pengguna dapat menambahkan hingga 10 drive bays tambahan dan meningkatkan kapasitas penyimpanan secara on-the-fly.
 
Volume RAID dapat diperbesar tanpa perlu mem-format ulang hard disk yang ada sehingga memastikan proses peningkatan kapasitas tanpa mengalami downtime.
 
DS517+ dan DS1817+ dipercanggih dengan DiskStation Manager (DSM) 6.1, sebuah sistem pengoperasian yang intuitif dan serba guna bagi perangkat NAS milik Synology.
 
Dilengkapi dengan fitur-fitur untuk berbagai aplikasi antara lain backup, pengelolaan jaringan, dan produktivitas, DS1517+ dan DS1817+ mampu berperan secara terintegrasi dalam infrastruktur IT perkantoran.
 
Synology telah menerima banyak penghargaan dari media, antara lain: yang teratas pada kategori mid-range NAS dalam survei solusi penyimpanan yang dilakukan TechTarget.
 
DS1517+ dan DS1817+ memiliki garansi 3 tahun. Garansi tambahan hingga 5 tahun tersedia di beberapa kawasan tertentu.
 
DS1517+, DS1817+, DX517 dan M2D17 telah tersedia di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada bulan ini.
 
(rr/Syam)