Ilustrasi | beritain.online

Juru Bicara Tim Pemenangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno, Anggawira membongkar identitas pemilik akun @CangHaris yang selama ini berkicau tentang #JakartaBersyariah dan mengaku-ngaku sebagai tim pendukung Anies-Sandi.

"Kita berhasil menguak siapa admin dibalik akun @CangHaris yang selama ini mengaku sebagai pendukung Anies- Sandi dan kerap memposting Jakarta Bersyariah serta isu- isu hoax lainnya. Orangnya bernama Nathan Mikhael dengan alamat akun instagram @nathanmikhael, yang kami indentifikasi tinggal di wilayah Ciputat Tangerang Selatan," ungkap Anggawira sambil menunjukan bukti akun tersebut, Kamis, (20/4).

Dari sekian foto dalam akun tersebut, terdapat satu postingan yang cukup menyita perhatian yakni foto segelas minuman dengan caption bertuliskan, "Selamat datang Jakarta bersyariah. Mari mabuk agar supaya."

Koordinator Sahabat Anies- Sandi ini meyakini bahwa pemilik akun tersebut merupakan buzzer yang bekerja memframing dan menggiring opini.

Sebab, setelah melakukan klarifikasi ke seluruh tim pemenangan dan relawan Anies-Sandi tidak satupun bukti yang menunjukan bahwa @CangHaris sebagai bagian dari relawan atau team Anies-Sandi.

"Kita sudah lakukan klarifikasi ke seluruh tim pemenangan, yang ternyata memang akun ini bukan berasal dari kami. Dan, benar saja dugaan kami bahwa @CangHaris ini adalah buzzer, kami berterimakasih kepada masyarakat yang ikut mengawasi dan memberikan laporan kami meminta agar cyber crime polri dapat mengusut tuntas," cetus Anggawira.

Atas kasus ini, Anggawira mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak lagi membawa isu agama ke dalam ranah politik. Pasalnya hal tersebut sangat sensitif, dan berpotensi memecah belah kerukunan antar warga.

"Kita minta jangan lagi ambil isu agama, ataupun perbedaan lainnya yang berpotensi memecah belah. Sekarang, saatnya kita fokus menjalankan program kerja, dan sama- sama membangun Jakarta yang lebih baik," imbaunya.

Sebelumnya, dikutip dari Inilah.com, Ketua Perkumpulan Indo Digital Volunteer, Anthony Leong, melaporkan ke Cyber Crime Polda Metro Jaya sejumlah akun media sosial dianggap memecah bela masyarakat jelang pencoblosan Pilgub DKI putaran II.

Salah satu akun dilaporkan adalah akun @CangHaris yang terus menyebar fitnah tentang Jakarta Bersyariah.

"Kami hadir sebagai pemerhati new media ini menginginkan konten yang ada di media sosial ini menyejukkan dan tidak ada oknum yang sengaja mau memecah belah," kata Anthony Leong.

(rr/HY)