www.beningpost.com

Merayakan satu tahun kesuksesan berada di Indonesia, penyedia layanan video on demand terbesar di Asia Tenggara, HOOQ, memperkuat posisinya melalui kerja sama dengan Paramount Pictures, BBC Worldwide dan Endamol Shine. Disamping itu, HOOQ juga mengumumkan layanan baru Transactional VOD (TVOD) yang menghadirkan film-film bioskop terbaru ke layar kaca pelanggan.

Layanan terbaru ini memungkinkan pelanggan untuk menyaksikan film-film blockbuster dalam waktu tiga bulan setelah tayang di bioskop. Pelanggan layanan Subscription VOD (SVOD) juga dapat menikmati satu film dari library TVOD setiap bulannya sebagai bagian dari layanan SVOD mereka tanpa biaya tambahan.

Kepada wartawan, Ravi Vora, Chief Marketing Officer, HOOQ mengemukakan kepuasannya atas pencapaian HOOQ selama setahun di Indonesia. “Saya cukup berbangga pada hari ini, merayakan satu tahun HOOQ, di mana kami meluncur di Indonesia pada April 2016 (silam, red),” ucapnya di Jakarta, Kamis (20/4).

“Telah banyak kerja sama yang kami lakukan untuk memperluas jangkauan pasar di Indonesia. Sebelumnya, kami juga telah mengumumkan kerja sama dengan Telkomsel pada November 2016, di mana kesepakatan ini telah menuai sukses dengan menghadirkan 2 juta pelanggan baru dalam beberapa bulan saja,” jelasnya.

HOOQ terus mengembangkan model bisnisnya di Indonesia, baik melalui kemampuan sebagai layanan pertama di dunia yang dapat mengunduh film Hollywood, biaya berlangganan mingguan atau model freemium bebas iklan.

Guntur Siboro, Country Head, HOOQ Indonesia yang juga hadir pada perayaan setahun HOOQ di Indonesia, menjelaskan soal monetizing HOOQ. “Kami murni subscription, berlangganan bulanan. Jadi tak ada iklan,”

Segmen yang disasar, menurut Guntur, ialah keluarga muda (berusia 25 sampai 35 tahun) dengan karakteristik penonton yang menyukai film bertema cinta, humor maupun horor.

“Dengan berlangganan HOOQ itu sama dengan menghargai kreativitas. Film yang tersedia di HOOQ legal, karena kami telah membeli right,”

Secara global, investasi yang dikucurkan perusahaan mencapai 100 juta dollar, di mana investasi terbesar ialah membeli konten.

“Beli konten itu ada batasan coverage dan wilayah,” tambahnya.

Dengan HOOQ, kata Guntur ini bisa mempermudah kita untuk menonton film (tidak perlu pergi ke bioskop, red), selain itu memudahkan mencari referensi pendalaman karakter bagi seorang aktor maupun aktris.

“Selain itu, kami menciptakan bioskop-bioskop kecil di Indonesia,” tuturnya.

Berlangganan HOOQ

Anda cukup masuk ke Play Store atau App Store untuk mengunduh HOOQ, lalu daftar untuk mengakses koleksi konten terbaik Hollywood dan Asia. Disana Anda bisa men-download film atau menyewa tergantung keinginan Anda kapan pun, di mana pun dan melalui perangkat apapun termasuk komputer, smartphone, tablet dan set-top box, smart TV melalui Google Chromecast dan seluruh perangkat Apple.

Film-film baru dari studio film ternama seperti Sony Pictures, Warner Bros., Disney, Dreamworks dan Pixar dengan film baru seperti Underworld: Blood Wars, Fantastic Beasts and Where to Find Them, Rouge One: A Star Wars Story, dan lain lain dapat disewa setiap bulan.

Film-film tersebut dapat disewa dengan biaya Rp29.000 per film dan berlaku selama 48 jam.

(rr)