www.beningpost.com

Mastercard Center untuk Pertumbuhan Inklusif (Mastercard Center for Inclusive Growth) mengumumkan kemitraannya dengan Mercy Corps untuk membantu para wirausahawan di Kota dan Kabupaten Malang.
 
Kerjasama ini bertujuan mengatasi berbagai tantangan agar dapat terus tumbuh sekaligus bergabung dengan sektor ekonomi formal agar dapat membangun bisnis yang lebih kuat dan berkelanjutan.
 
Saat ini para wirausahawan mikro dan kecil di Indonesia memiliki peran penting dalam membantu pemerintah dalam gerakan Laku Pandai serta mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi.
 
“Masih banyak wirausahawan, di mana beberapa di antara mereka adalah perempuan, yang tidak terhubung dengan jaringan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk berkembang di tengah kondisi perekonomian saat ini, seperti layanan keuangan,” ujar Shamina Singh, president of the Mastercard Center for Inclusive Growth.
 
Menurut Sharmina, kerjasama kami dengan Mercy Corps dapat membantu untuk memberdayakan para pemilik unit usaha ini dengan peralatan dan pelatihan yang dibutuhkan bagi mereka untuk menumbuhkan bisnis serta memajukan kehidupan keluarga mereka serta masyarakat sekitar.
 
Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan akses terhadap produk dan jasa dari institusi keuangan formal maupun penyedia sumber daya lainnya, serta untuk menghubungkan para wirausahawan ini dengan perusahaan sektor swasta dan organisasi komunitas bisnis untuk memajukan akses serta lingkup pasar mereka.
 
Mastercard Center dan Mercy Corps pertama-tama akan melakukan penilaian kebutuhan untuk mengidentifikasi hambatan dan peluang bagi unit usaha mikro dan kecil dalam menumbuhkan bisnis mereka.
 
Penelitian ini nantinya akan menunjukkan perkembangan dan penyebaran program pelatihan dan mentoring.
 
Setidaknya 60% partisipan penelitian ini adalah perempuan. Mercy Corps juga akan memanfaatkan pengalaman mereka dalam memperkuat rantai nilai pertanian dan membuka akses keuangan untuk mendukung bisnis mereka di luar dari pertanian yang memiliki kecenderungan untuk tumbuh.
 
“Mercy Corps sangat senang dan bangga dapat bekerja sama dengan Mastercard dalam inisiatif ini untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata bagi para wirausahawan dan populasi-populasi lainnya yang rentan di Indonesia,” kata Jared Rowell, Mercy Corps Regional Manager untuk wilayah Asia Selatan dan Timur
 
 Rowell menjelaskan bahwa pada akhirnya dapat membantu mereka dalam menghadapi tantangan yang tengah dialami serta membangun komunitas yang lebih kuat.
 
Mastercard dan Mercy Corps memiliki sejarah kerja sama yang panjang di kawasan Asia, di mana baru-baru ini mereka juga bekerja sama untuk menyediakan pelatihan literasi bisnis dan keuangan bagi para petani kecil di China, Myanmar, dan Indonesia.
 
(rr/Syam)