www.beningpost.com

Jumpa kembali bersama Mrs Indonesia World 2014 & Mrs Global Ambassador 2017 Imelda Budiman. Tinggal di Amerika selama 17 tahun lamanya, ibu dari 3 anak ini selalu konsisten dan tanpa lelah mempromosikan Indonesia di mata dunia. 

Selama dua belas tahun terakhir, bersama Global Refuge Internasional dan Riverside Indonesian Fellowship, Imelda kembali aktif mengorganisir Bazaar makanan Indonesia. Bazaar makanan ke 12 ini, berlangsung setiap tahunnya di jantung kota Denver, Colorado.
 
"Memang saya sudah pindah ke Houston, Texas, sejak dua tahun lalu, namun tetap kembali ke Denver untuk membantu pelaksanaan bazaar ini" ujar Imelda.
 
Dia menyebut bahwa ini sudah menjadi komitmen saya dan keluarga, dimana kita percaya, bahwa kita sudah diberkati, mengapa nggak kita berbagi; dan kita akan lebih diberkati lagi.

Melalui bazaar ini, memang selain promosi budaya Indonesia, seluruh hasil keuntungan juga digunakan untuk membantu banyak orang di bagian dunia yg membutuhkan.

"Seluruh hasil keuntungan bazaar ini kita gunakan untuk bantuan pengobatan di dunia yang membutuhkan, dengan membuka klinik, mulai dari Uganda, Congo, juga para pengungsi di Suriah. Untuk Indonesia, kita membantu Panti asuhan anak tuna netra di Jakarta, Yayasan El Safan." ujarnya melengkapi.

Bazaar makanan yang menyajikan 19 jenis makanan Indonesia, mulai dari appetizer (tahu goreng, martabak telur, dll), main dishes (sate ayam, nasi padang, ayam panggang dll) hingga desserts (asinan buah, martabak manis, kue nastar dll) ini memang selalu diminati penduduk Colorado, dimana 90% pembeli adalah masyarakat asli Amerika.
 
"Mereka sangat menyukai makanan Indonesia, sate ayam dan nasi padang rendang adalah menu favorit mereka" tambahnya bersemangat. Jumlah penjualan setiap tahunnya mencapai lebih dari US $20,000.

Para pembeli memesan makanan 3 minggu sebelumnya secara online maupun melalui order takers. Setelah seluruh order dikumpulkan, team memulai persiapan dan memasak bersama, lalu makanan diantar ke rumah customer ataupun diambil customer, secara serentak pada hari Minggu 21 May 2017. 
 
Imelda sendiri, bukan hanya mengorganisir, iapun ikut memasak. "Kebetulan tahun ini saya in charge memasak 100 porsi martabak telur dan 110 porsi mie ayam bakso." tambahnya tersenyum.
 
(rr/Syam)