www.beningpost.com

Sebanyak 30 peserta mengikuti workshop yang dilakukan Shell Lubricants bertajuk “Shell Profit Workshop – Maximising Profit” untuk para dealer/bengkel resmi, bengkel umum dan bengkel franchise/waralaba pada 17-18 Mei lalu di Indonesia.
 
Workshop ini merupakan bagian dari program Shell Advantage yang menawarkan kesempatan kepada para bengkel/dealer yang menjadi partner Shell untuk bisa mengembangkan bisnisnya.
 
Edward Satrio,  VP Consumer Brand Helix & Advance  PT. Shell Indonesia  mengatakan, industri otomotif adalah salah satu industri yang sangat kompetitif dan penuh dengan tantangan, baik tantangan dalam hal keuangan, lingkungan maupun teknologi.
 
“Kami bekerjasama dengan ASE Group, perusahaan konsultasi yang telah berpengalaman dalam membantu para dealer di lebih dari 50 negara untuk meningkatkan/memaksimalkan profitnya,” ujar Edward.
 
Lebih jauh, Edward menjelaskan bahwa ASE Group akan membantu para dealer menentukan Key Performance Indicator (KPI) untuk bisa meningkatkan profitnya. Menurut catatan ASE Group, kebanyakan dealer mobil memiliki profit 1 persen saja dari angka penjualannya.
 
“ASE memiliki 13 KPI yang bisa membantu mendorong peningkatan profit dan apabila semuanya dipenuhi oleh para dealer mobil, merekaakan mampu mencapai 3% profit dari penjualannya,” jelasnya.
 
Untuk dapat bergabung dalam “Shell Profit Workshop – Maximising Profit” ini, para dealer harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya; bersedia memberikan seluruh data yang dibutuhkan untuk membuat KPI.
 
Kemudian mengikuti jadwal workshop yang diselenggarakan oleh ASE Global dan para dealer setuju untuk menjalankan rencana yang sudah ditetapkan serta melaksanakan program demi suksesnya rencana yang sudah ditetapkan bersama.
 
Sejak program Shell Advantage ini dijalankan oleh Shell Lubricants Indonesia bulan Mei lalu, tercatat ada 30 dealer yang lolos kualifikasi untuk dapat bergabung dalam program ini dan selanjutnya mengikuti workshop yang diselenggarakan selama satu hari penuh oleh ASE Group.
 
Mereka adalah para dealer yang selama ini menjadi mitra Shell Lubricants dalam memasarkan berbagai produk pelumas Shell Lubricants seperti Shell Helix dan Shell Advance.
 
Berdasarkan beberapa kasus yang pernah ditangani oleh ASE Group, kebanyakan dealer memiliki masalah seperti; kurangnya target dan proses review di berbagai level termasuk manajer, tingginya tingkat keluar masuk pegawai, minimnya kemampuan pengelolaan bisnis oleh para staf/karyawan dan pengelolaan bisnis secara reaktif daripada pro-aktif.
 
Para peserta melihat workshop ini hadir di saat yang tepat saat kondisi pasar otomotif sedang menghadapai tantangan penurunan 15%untuk penjualan mobil baru di tahun 2015 dan terus turun menjadi 50% pada kuartal pertama tahun 2016.
 
Adanya program ini meningkatkan kualitas kerja sama yang telah terjalin baik dengan para mitra dan membantu Shell berada di posisi terdepan dalam channel  Franchise Workshop/bengkel resmi dealer mobil.
 
Indra Nugraha Wisuda, Retail Division Head  Astra Otoparts mengatakan, workshop ini sangat bermanfaat bagi Shop & Drive. Workshop ini berguna untuk membuka mata kami, bahwa masih banyak hal yang bisa dilakukan lagi untuk meningkatkan dan memperbesar skala bisnis dari Shop & Drive.
 
Setelah Jakarta, program Shell Advantage akan dijalankan Shell Lubricants Indonesia di berbagai kota besar lainnya di Indonesia.
 
“Kami berharap kami bisa tumbuh bersama mitra kami yaitu para dealer, karena hanya dengan bekerja sama, kami bisa sama-sama meningkatkan profit dalam bisnis yang penuh tantangan  dan sangat kompetitif ini,” kata Edward.
 
(rr/Syam)