Computer Technology Review

Red Hat, Inc. dan Amazon Web Services, Inc. (AWS) hari ini mengumumkan perluasan aliansi strategis untuk secara orisinal mengintegrasikan akses ke layanan-layanan AWS ke dalam Red Hat OpenShift Container Platform.

Seiring dengan perusahaan enterprise yang semakin mengeksplorasi penerapan aplikasi-aplikasi di dalam container, mereka meminta kepada Red Hat dan AWS untuk melancarkan penerapan dan pengelolaan container-container berbasis Red Hat OpenShift di AWS.

Melalui penawaran khusus ini, Red Hat akan membuat layanan-layanan AWS dapat diakses secara langsung di dalam Red Hat OpenShift Container Platform, sehingga memungkinkan para pelanggan untuk memanfaatkan cloud yang paling komprehensif dan yang paling banyak diadopsi di dunia ini, baik menggunakan Red Hat OpenShift Container di AWS maupun dalam sebuah lingkungan on-premise.

“Adopsi container tengah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan enterprise, dan aliansi ini dirancang untuk mempercepat adopsi tersebut dengan memberikan akses kepada para pelanggan ke layanan-layanan AWS secara langsung dari Red Hat OpenShift Container Platform,” kata Jim Whitehurst, Presiden dan CEO, Red Hat.

Para pelanggan akan dapat dengan mudah mengkonfigurasi dan menerapkan berbagai layanan AWS seperti Amazon Aurora, Amazon Redshift, Amazon EMR, Amazon Athena, Amazon CloudFront, Amazon Route 53, dan Elastic Load Balancing hanya dengan beberapa klik, langsung dari dalam konsol Red Hat OpenShift.

Sejak tahun 2008, Red Hat dan AWS telah berkolaborasi untuk mempermudah dalam menjalankan Red Hat Enterprise Linux di AWS. Puluhan ribu pelanggan lintas industri menjalankan berbagai aplikasi perusahaan enterprise yang bersifat mission-critical, seperti aplikasi-aplikasi SAP, database Oracle, aplikasi-aplikasi analitik, dengan menggunakan Red Hat Enterprise Linux di AWS.

“Dengan menggabungkan kecepatan inovasi yang luar biasa ini dan luasnya fungsionalitas yang diberikan oleh AWS melalui platform container kelas enterprise yang paling komprehensif di industri, kami memungkinkan para pelanggan untuk menikmati perpaduan keunggulan dari penawaran-penawaran ini di seluruh lingkungan hybrid mereka dengan dukungan gabungan kami.” lanjut Whitehurst.

Melalui aliansi ini, AWS dan Red Hat akan memberikan para pelanggan kemampuan untuk dengan mudah membangun dan memperluas aplikasi-aplikasi enterprise berbasis container melalui Red Hat OpenShift Container Platform dengan menggunakan berbagai layanan komputasi, database, analitik, pembelajaran mesin, jaringan, mobile, dan berbagai layanan aplikasi AWS lainnya.

Hal ini akan membuat para pelanggan Red Hat OpenShift Container Platform menjadi lebih lincah karena mereka akan mampu menggunakan platform pengembangan aplikasi yang sama untuk membangun on-premise atau di cloud. Red Hat dan AWS juga akan bekerja sama untuk menyediakan suatu jalur dukungan tunggal yang disokong oleh kedua perusahaan, sehingga para pelanggan dapat menjalankan aplikasi mereka dalam proses produksi dengan penuh percaya diri.

Selain menyediakan cara yang lebih mudah bagi pengembang untuk menerapkan aplikasi mereka di dalam container, Red Hat dan AWS bekerja sama guna memungkinkan layanan-layanan AWS baru secara lebih cepat dengan Red Hat Enterprise Linux.

Dengan menyelaraskan waktu pengembangan dan peluncuran, kedua perusahaan ini akan lebih cepat menghadirkan inovasi AWS kepada puluhan ribu pelanggan yang telah bermigrasi atau membangun beban kerja baru dengan menggunakan Red Hat Enterprise Linux di AWS.

AWS dan Red Hat akan terus menghadirkan rangkaian lengkap penawaran Red Hat JBoss Middleware sebagai layanan yang didukung sepenuhnya pada AWS, sehingga memungkinkan para pelanggan untuk menjalankan Red Hat JBoss Middleware sebagai komponen aplikasi containerized dengan fungsionalitas, elastisitas, dan keamanan yang telah pelanggan dapatkan selama ini dari AWS.

Untuk lebih meningkatkan kinerja Red Hat OpenShift Container Platform di AWS, kedua perusahaan akan berkolaborasi dalam pengembangan untuk lebih memperkuat integrasi antara AWS dan Kubernetes, platform orkestrasi container yang mendukung Red Hat OpenShift.

Red Hat dan AWS telah mendemonstrasikan integrasi ini dalam ajang Red Hat Summit 2017 di Boston, A.S., dan memperkirakan ketersediaan secara umum pada pertengahan tahun ini. Red Hat Enterprise Linux tersedia untuk AWS melalui Red Hat Cloud Access atau berdasarkan permintaan. Red Hat JBoss Middleware di OpenShift tersedia hari ini untuk AWS melalui Red Hat Cloud Access.

(rr)