Ilustrasi | www.arubanetworks.com

Aruba, perusahaan Hewlett Packard Enterprise (NYSE: HPE), baru-baru ini mengumumkan solusi baru dalam portofolio layanan berbasis lokasi yang membantu perusahaan untuk melacak aset berharga secara mudah, sehingga meningkatkan efisiensi perusahaan dan menurunkan biaya modal dan operasional akibat adanya aset-aset yang tidak terlacak.

Solusi pelacakan aset dari Aruba terintegrasi sepenuhnya dengan infrastruktur nirkabel Aruba, sehingga implementasinya lebih sederhana dan terintegrasi penuh, dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Banyak perusahaan/organisasi di seluruh dunia kehilangan jutaan dolar setiap tahun akibat barang-barang dan inventaris bernilai tinggi yang tidak terlacak, hilang atau dicuri.

Selain itu, karyawan dan pelanggan juga menderita kerugian akibat kehilangan produktivitas dan pengalaman yang buruk. Tantangan ini sangat lazim di industri-industri seperti layanan kesehatan, di mana barang-barang seperti pompa IV dan defibrillator jantung, sering tidak terlacak keberadaanya. Akibatnya, 25% waktu staf rumah sakit terbuang untuk mencari aset-aset1 tersebut dan hal ini berdampak negatif terhadap kualitas layanan.

Raz Evenor, Director of Product Management, STANLEY Healthcare, mengatakan, “Kami senang dapat memperkuat hubungan kami saat ini dengan Aruba dalam hal solusi berbasis lokasi di bidang layanan kesehatan,” 

“Platform MobileView kami menggabungkan beragam solusi visibilitas real-time dengan analitik canggih bagi rumah sakit agar dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan pasien serta staf, mendorong efisiensi operasional, dan pada akhirnya membuat pasien merasakan pengalaman layanan yang lebih baik," lanjut Raz.

Di industri ritel dan pergudangan, barang-barang yang tidak dapat ditemukan dengan cepat berarti waktu karyawan yang terbuang, pemenuhan pesanan pelanggan yang tertunda dan sering kali, hilangnya pendapatan bagi pebisnis ritel.

"Seiring dengan perkembangan teknologi dan infrastruktur jaringan, kami selalu mencari cara baru untuk memperluas pilihan bagi para pelanggan kami. Kemitraan dengan Aruba untuk pelacakan aset yang didukung BLE ini menghadirkan satu pilihan tambahan yang hemat biaya untuk pengelolaan aset medis secara mobile bagi para pelanggan layanan kesehatan kami.” pungkasnya.

Solusi pelacakan aset Aruba menjawab beragam tantangan ini dengan sebuah solusi yang terintegrasi dengan infrastruktur Wi-Fi Aruba, sehingga tidak diperlukan jaringan  terpisah.

Perusahaan juga mendapatkan keuntungan dari pelacakan barang-barang penting secara akurat dengan menggunakan aplikasi mobile berbasis peta yang intuitif atau melalui integrasi dengan solusi pelacakan milik perusahaan yang telah lebih dulu digunakan.

Kunci keberhasilan layanan berbasis lokasi dan portofolio Mobile Engagement Aruba saat ini adalah Meridian Engage Partner Program.

Pelanggan telah memanfaatkan para pengembang aplikasi untuk mengintegrasikan dan membangun aplikasi mobile bernilai tambah untuk iOS dan Android yang digunakan dengan portofolio Meridian Mobile App Platform dan Aruba Mobile Engagement. Aruba terus memperluas program Engage ini di luar pengembang aplikasi Meridian sehingga sekarang menyertakan mitra-mitra pelacakan aset Meridian, termasuk Emerge, Raizlabs, STANLEY Healthcare, dan VenueNext.

(rr)