www.beningpost.com

Demi menyokong tergeraknya daya beli masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, HIPPINDO (Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) meluncurkan perhelatan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI). Acara yang berlangsung pada Agustus ini diikuti oleh banyak peritel ternama Indonesia dan merupakan kado untuk Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-72.

Acara ini dibagi menjadi dua rangkaian, yaitu HBDI pada 17-20 Agustus yang diadakan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia dan Happy Birthday Indonesia Festival (HBDF) yang diselenggarakan pada 15-27 Agustus di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran.

“Angka 17 ini menjadi angka penting, situasi dan timing yang sangat tepat, mari kita buat langkah nyata. Dukungan dari pemerintah sangat terlihat, maka dari itu saya ucapkan terima kasih,” kata Budihardjo Iduansjah – Ketua HIPPINDO saat memberikan sambutan pada konferensi pers Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) di auditorium Kementerian Perdagangan, Senin (17/7).

Penyelenggaraan HBD Indonesia mendapatkan dukungan positif dari sejumlah Kementeian RI, antara lain Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, asosiasi terkait, serta pemerintah daerah DKI Jakarta. Disamping itu, HBD Indonesia juga menerima dukungan penuh dari Bank Mandiri.

Tanggung jawab Hippindo, menurut Budi, ialah berbuat suatu langkah nyata. Pagelaran ini menjadi suatu terobosan yang melibatkan banyak pihak, sebab yang paling penting ialah berputarnya perekonomian tanah air.

“Bermitra untuk maju bersama,” lanjut Budi.

Terkait pemakaian nama “HBD Indonesia” yang hampir sama dengan “Indonesia Great Sale”, Budi menegaskan bahwa program ini bukan melulu soal sale, jadi tak mungkin bernama Indonesia Great Sale. Adapun tujuan perhelatan akbar ini ialah membuat tren baru belanja di bulan Agustus.

“Kami punya momentum yang baik,” tambahnya.

Sementara itu, Fenny Kwartati – Ketua Panitia HBD Indonesia, mengatakan, “Kementerian Pariwisata sendiri akan menggaet wisman dengan jargon “HBD Indonesia” yang mengacu pada belanja di Indonesia.

“Di HBD menawarkan banyak kemeriahan. Diskon ini dibuat serius, tanpa menipu. Jadi, sejumlah pusat perbelanjaan itu kan ada season tersendiri, bila sudah lewat kami clearance. Kesempatan ini mestinya bisa menikmati diskon2 ini,” ujar Fenny.

Menyinggung target pengunjung, Fenny optimis akan menggaet 20 juta orang untuk berbelanja di seluruh Indonesia.

Bukan hanya promosi belanja, HBD Indonesia juga menghadirkan berbagai rangkaian acara menarik seperti peragaan busana, talkshow, pertunjukan music dan pesta kuliner. Tak terkecuali sejumlah acara spesial mulai dari pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus oleh para anggota Hippindo, perlombaan khas 17-an, tersedianya beraneka macam kuliner tradisional, dan tak ketinggalan yang sangat menarik adalah Jember Fashion Carnival pada 15-17 Agustus 2017 di Gambir Expo, Jakarta.

Para konsumen akan memperoleh berbagai promosi yang terkait dengan angka 72 ditawarkan oleh para peritel yang berpartisipasi, antara lain: diskon hingga 72%, harga khusus Rp72.000, hingga beli dengan hanya membayar Rp72.000,-.

(rr)