Bestchinanews

Chelsea tak bisa menganggap remeh permasalahan Kennedy di China. Mereka bisa terancam kehilangan pasar besar di Asia tersebut.

Persoalan Chelsea dengan negara China berawal dari unggahan Kenedy di akun instagram miliknya. Unggahan pertama Kennedy bertuliskan 'Porra China' atau 'F*****g China' dalam bahasa Portugis.

Unggahan kedua bertuliskan 'Acorda China Vacilao' atau 'Bangun China pemalas' disertai gambar petugas keamanan yang sedang bersandar ke tembok.

 

Bukan hanya publik China, tapi jajaran pemerintah juga langsung melayangkan protes atas hal ini. Ada rumor yang mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri China mengamati situasi ini dengan saksama dan meminta media untuk tidak menayangkan pemberitaan Chelsea.

Kennedy yang sempat dimainkan pada laga lawan Arsenal akhir pekan lalu pun langsung mendapatkan cemooh. Walaupun Chelsea mengambil tindakan tegas dengan memulangkan Kennedy pada hari Senin (24/7), gelombang protes tetap mengalir.

Permintaan maaf Kenedy yang juga diunggah di akun Instagram miliknya juga tak bisa menjernihkan masalah. Insiden Kennedy ini jelas merupakan tragedi bagi Chelsea. China dengan penduduk lebih dari satu miliar tentunya merupakan potensi pasar yang sangat besar.

Chelsea saat ini memiliki 2,5 juta pengikut di akun Weibo resmi milik mereka, namun jumlah itu masih kalah jauh dibandingkan Arsenal, Liverpool, dan Manchester United.

Tragedi ini makin terasa miris karena dalam brosur kunjungan Chelsea, pemimpin klub Bruce Buck menulis: 'Kunjungan kami bukan hanya sekadar bermain sepak bola dan kembali pulang. Ini juga tentang meninggalkan warisan.'

Bukan hanya Chelsea yang harus sigap menghadapi masalah Kennedy. Dikutip dari The Guardian, FA pun turut melakukan investigasi atas masalah ini. Langkah FA ini kemudian dikaitkan dengan skala besar bahwa Liga Primer Inggris tak mau kehilangan potensi pasar mereka di Asia karena terseret kasus Kenedy.

FA telah mengirimkan surat pada Chelsea dan akan memanggil Kennedy dan baru memberikan keputusan setelah mendengar alasan pemain asal Brasil tersebut.

 

Sumber: CNN Indonesia

(rr/DZ)