kriminalitas.com

Sindikat penipuan online internasional digulung Tim gabungan dari Kepolisian Tiongkok, Bareskrim Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Depok, dan Polrestabes Surabaya kemarin.

Tidak tanggung-tanggung, operasi tersebut dilakukan secara simultan di Jakarta, Surabaya, dan Bali sekaligus. Total 140 orang yang mayoritas WN Tiongkok diamankan.

Masih belum jelas siapa yang menjadi otak sindikat tersebut. Namun, korbannya adalah orang-orang di Tiongkok sendiri.

''Masih satu kesatuan (operasi di Jakarta, Bali, dan Surabaya, Red). Kami saling koordinasi. Tapi, masih kami perdalam dan petakan,'' kata Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Didik Sugiarto kepada sejumlah wartawan di TKP penggerebekan di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Sindikat ini sangat besar skalanya. Menurut seorang petugas yang ikut menangani kasus tersebut, dalam laporan ke interpol, kepolisian Tiongkok menyebut sindikat ini berhasil menggondol sedikitnya USD 45 juta (Rp 600 miliar) dalam satu tahun terakhir.

''Modusnya sederhana, mereka menipu orang-orang di Tiongkok dengan cara menyebutkan famili mereka bermasalah dengan hukum dan harus membayar dalam jumlah tertentu supaya bebas,'' lanjut petugas tersebut.

Jadi, korbannya adalah orang-orang Tiongkok sendiri. Sindikat ini sengaja memilih luar negeri sebagai home base supaya tidak mudah terlacak.

Sumber itu juga menyebutkan bahwa sindikat ini diduga mempunyai kemampuan cracking (membobol sistem keamanan komputer). Sebab, mereka bisa mengetahui siapa-siapa saja yang bermasalah di Tiongkok.

Sehingga, mereka bisa dengan tepat menyasar keluarga orang-orang yang bermasalah dengan hukum.

''Ini yang membuat kepolisian Tiongkok khawatir. Sebab, itu berarti bisa jadi ada kebobolan dengan sistem mereka,'' lanjutnya.

Selain itu, besarnya skala sindikat tersebut bisa dilihat dari postur sindikat itu di Indonesia. Sindikat ini mempunyai markas di perumahan mewah. Di Jakarta ada di Pondok Indah, Bali di Kuta Selatan, sedangkan di Surabaya, langsung tiga rumah di perumahan paling mahal, Graha Family.

''Kami masih belum mengetahui apakah sindikat tersebut membeli atau menyewanya. Kami masih belum bisa melakukan pemeriksaan secara intensif,'' kata AKBP Didik.

Juga jumlah anggota sindikatnya. Di Pondok Indah Jakarta, polisi mengamankan sekitar 29 orang yang rata-rata WN Tiongkok. Sementara di Kuta Selatan, lokasi markas sindikat yang digerebek di Bali, aparat menahan 28 orang.

Yang paling banyak adalah di Surabaya. Total ada 93 orang yang diamankan dan dikumpulkan dalam operasi kemarin.

Rinciannya, 12 orang WN Taiwan, satu Malaysia, satu WN Indonesia, dan sisanya WN Tiongkok. Selain itu, dari 93 orang tersebut, 26 diantaranya adalah perempuan. Semuanya berasal dari Tiongkok.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos menyebutkan bahwa mereka sebenarnya sudah diintai sejak Maret lalu. Ketika itu, Mabes Polri menerima pengaduan Kepolisian Tiongkok.

 

Sumber: JPNN.com

(rr)