Daily Mail

Bila Neymar bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan transfer €222 juta (setara Rp3,5 triliun) seperti yang telah ramai digosipkan, maka penyerang 25 tahun itu akan jadi pemain termahal dunia asal Brasil yang keempat.

Sepanjang sejarah transfer pemain termahal dunia, hanya Luiz `Ronaldo` Nazario, Denilson, dan Ricardo Kaka yang merupakan pemain termahal dunia asal Brasil.

Ronaldo dan Denilson sendiri menjalani karier yang berbeda meskipun sama-sama berstatus pemain termahal dunia. Bila Ronaldo sukses menjalani kariernya dengan baik dan beberapa kali jadi pemain terbaik dunia, maka Denilson gagal memenuhi ekspektasi dan performanya terbilang standar.

Ronaldo dua kali memecahkan rekor transfer. Pertama, saat ia bergabung dari PSV Eindhoven menuju Barcelona pada 1996. Setahun kemudian, Ronaldo kembali mengukir namanya sebagai pemain termahal saat pindah dari Barcelona ke Inter Milan.

Status Ronaldo sebagai pemain termahal dunia dipecahkan oleh rekan senegaranya, Denilson. Pemain muda Brasil tersebut membuat kejutan dengan label pemain termahal di dunia saat hijrah ke Real Betis pada 1998.

Setelah Ronaldo dan Denilson, ada Kaka pesepakbola Brasil yang menjadi pemain termahal dunia ketika dibeli Real Madrid pada 2009.

Menariknya, rekor pemain termahal kembali dipecahkan Madrid beberapa hari kemudian ketika memboyong Cristiano Ronaldo dari Manchester United.

Kesempatan bagi Brasil kembali memiliki pemain termahal di dunia terbuka saat ini ketika Neymar dipastikan meninggalkan Barcelona.

PSG jadi klub terdepan yang berpeluang mendapatkan Neymar. Klub raksasa Perancis ini siap mengeluarkan uang sebesar €222 juta untuk merekrut Neymar.

Bila harga itu jadi kenyataan, maka harga Neymar dua kali lipat dari harga Paul Pogba, pemain termahal di dunia saat ini dengan rekor €105 juta.

 

Sumber: CNN Indonesia

(rr/DZ)