brita.net

Hasil undian penyisihan grup Liga Champions 2017/2018 telah ditetapkan. Jose Mourinho pantas tersenyum bahagia karena timnya, Manchester United berada di Grup A yang persaingannya tidak terlalu berat. Sementara Tottenham Hotspur akan menjalani awal kompetisi yang ketat karena berada di Grup H bersama Real Madrid dan Borrusia Dortmund.

Manchester United termasuk klub yang cukup beruntung karena mereka satu grup dengan Benfica, Basel, dan CSKA Moskwa. Tentu dengan kekuatan yang dimiliki saat ini, Setan Merah diperkirakan akan mendominasi pertandingan dan menjadi pemuncak grup di akhir babak penyisihan nanti.

Namun, Jose Mourinho harus tetap berhati-hati dengan kondisi pemain karena Manchester United juga mengejar gelar Liga Premier musim ini.  

Liverpool
The Reds juga salah satu klub yang beruntung dalam undian grup Liga Champions kali ini. Peluang untuk mencapai babak sistem gugur untuk pertama kalinya sejak 2009 akan sangat terbuka. Kekuatan mereka juga imbang dengan klub satu grup, yakni Spartak Moscow, Sevilla, dan Maribor.

Namun Jurgen Klopp juga harus waspada dengan ancaman dari Sevilla yang pernah mengalahkan Liverpool di final Liga Eropa 2016.

Tim Spartak juga jangan dianggap enteng karena musim lalu klub ini mengakhiri puasa gelar selama 16 tahun. Yang perlu diperhatikan adalah lini belakang yang masih cukup lemah. Untuk lini depan, Liverpool telah memiliki senjata yang menakutkan, seperti Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah.

Manchester City

Pep Guardiola juga patut bersyukur, timnya masuk ke Grup F yang dihuni Shakhtar Donetsk, Feyenoord, dan Napoli. Meskipun lawan-lawannya merupakan klub yang sangat solid, tapi City diyakini tidak akan menyerah begitu saja. Skuat Guardiola akan bertarung dan memenangkan pertandingan.

Napoli, meski berasal dari pot tiga, diprediksi menjadi musuh yang paling sulit ditaklukkan. Namun peluang City tetap sangat besar karena mampu menghindari tim papan atas seperti Real Madrid dan Bayern Munich.

AS Monaco
Kylian Mbappe adalah kunci bagi AS Monaco yang tampil mengejutkan hingga ke semifinal Liga Champions tahun lalu. Jika Mbappe resmi pindah ke Paris Saint-Germain pada 1 September nanti, maka hal ini akan mempengaruhi kemampuan tim secara keseluruhan. 

Namun, bersama Leonardo Jardim, Monaco telah memulai Ligue 1 dengan tiga kemenangan berturut-turut. Kemungkinan tim ini tidak menemukan kesulitan menghadapi Porto, Besiktas, dan RB Leipzig di Grup G. 

Tottenham Hotspur
Tottenham bisa dibilang menjadi tim sepak bola terbaik di Inggris selama dua musim terakhir, tapi selalu gagal dalam perjalanan di kompetisi level Eropa. Hasil undian grup Liga Champions kali ini juga kurang berpihak pada Spurs. Tottenham berada di Grup H bersama juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, Borrusia Dortmund, dan APOEL.

Dalam situasi seperti ini, Lilywhites tentu harus mencari strategi jitu untuk bisa lolos ke babak sistem gugur. Paling tidak bisa mendampingi Real Madrid menjadi runner upgrup.

Chelsea
Situasi kurang menguntungkan juga dialami Chelsea. Di tengah minimnya kekuatan baru yang dimiliki, The Blues harus berhadapan dengan Atletico Madrid, Roma, dan Qarabag di Grup C. 

Atletico Madrid adalah ancaman terbesar Chelsea. Apalagi mantan striker The Blues, Diego Costa kini telah kembali ke Atletico Madrid, tentu pertarungan akan semakin sengit. Roma juga tidak bisa dianggap sebelah mata oleh Antonio Conte. Sebab di sana ada Radja Nainggolan, salah satu pemain incaran Conte yang bisa saja merobek jala Chelsea.   

Celtic
Berada di Grup B merupakan hal yang mengerikan bagi Celtic. Di grup ini, anak asuh Brendan Rodgers akan menghadapi tim raksasa, Bayern Munich, PSG, dan Anderlecht. Situasi ini akan sangat sulit bagi Celtic untuk mencapai babak sistem gugur.

Upaya menempati urutan ketiga grup juga akan susah bagi Celtic. Anderlecht tampil gemilang saat menahan juara Liga Eropa musim lalu, Manchester United ke perpanjangan waktu di perempat final. Kita lihat saja bagaimana Brendan Rodgers akan meramu timnya agar bisa tampil maksimal di Liga Champions.

 

(rr/DZ/Snd)