www.beningpost.com

Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Happy Birth Day Indonesia Festival (HBDI Festival) yang digelar oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) telah resmi berakhir pada Ahad (27/8) dengan ditutupnya HBDI Festival di Gambir Expo, Kemayoran yang berlangsung sejak 15-27 Agustus 2017.

Sebelumnya HBDI di pusat-pusat perbelanjaan telah berlangsung sejak 17-20 Agustus 2017. Perhelatan ritel offline ini dibuka oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita bersama dengan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dan Kepala BEKRAF Triawan Munaf pada 15 Agustus 2017 lalu.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, mengatakan, “Jumlah pengunjung di berbagai pusat perbelanjaan mengalami peningkatan selama acara HBDI. Ini merupakan bentuk respon yang positif dari masyarakat,"

"Sementara selama HBDI Festival yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, para pengunjung menunjukkan ketertarikan dan memanfaatkan penawaran-penawaran khusus yang diberikan oleh para peserta HBDI.” lanjut Budi.

Acara yang dipersembahkan para peritel bagi bagi masyarakat Indonesia sebagai kado istimewa dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini menghadirkan lebih dari 300 merek mulai dari fashion, makanan, hingga elektronik, baik lokal maupun internasional.

HBDI Festval juga turut melibatkan partisipasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan menyediakan area khusus UKM di HBDI Festival yang berlangsung di Gambir Expo, Kemayoran.

Sementara itu, Ketua Panitia HBDI, Fetty Kwartati, menambahkan, “Tingginya animo belanja masyarakat di acara HBDI, baik di pusat-pusat perbelanjaan maupun HBDI Festival memotivasi kami untuk kembali menyelenggarakan HBDI di kesempatan berikutnya di tahun depan.

Fenny mengaku pihaknya akan terus berupaya untuk mengembangkan tren baru dalam berbelanja sehingga HBDI dapat menjadi acara tahunan yang dinantikan oleh masyarakat, baik dalam maupun luar negeri.

Selama dua pekan pelaksanaan HBDI dan HBDI Festival, terjadi peningkatan jumlah pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan. Selain itu, HBDI Festival di Gambir Expo juga terlihat ramai dipadati  masyarakat.

HBDI dan HBDI Festival merupakan bentuk dukungan industri ritel di Indonesia melalui HIPPINDO untuk menjadikan negara ini sebagai salah satu negara tujuan wisata belanja manca negara.

Pesta Lelang

Berbagai penawaran menarik yang dihadirkan selama HBDI meliputi diskon hingga 72%, harga khusus Rp72.000, hingga beli 2 dengan hanya membayar Rp72.000. Khusus di HBDI Festival, pengunjung tidak hanya mendapatkan penawaran dengan harga spesial, tetapi juga dapat menikmati beragam acara menarik setiap harinya mulai dari HBDI Festival juga dimeriahkan oleh berbagai acara antara lain street art performance, fashion show, talkshow dengan Puteri Indonesia, Jember Fashion Carnival serta penampilan dari band terkenal NIDJI dan GAC.

Selama HBDI Festival, pengunjung juga mendapat promosi menarik seperti makan durian gratis, kopi gratis, serta hadiah langsung dari mulai sepeda, voucher belanja, hingga tiket wisata setelah melakukan transaksi pembelanjaan minimum Rp500.000.

Bahkan satu hari menjelang berakhirnya acara, diadakan Pesta Lelang untuk ponsel Samsung dan TV LED.

(rr)