www.beningpost.com

PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) meluncurkan sebuah proposisi baru, yaitu ‘Smart Risk Approach to Managing Your Wealth’ (Smart Risk) melalui pendekatan Smart Risk yang unik dan menyeluruh, serta berdasarkan 3 pilar UOB Privellage Banking.

“Smart Risk difokuskan untuk membantu nasabah UOB Privilege Banking mencapai tujuan keuangan mereka dengan memahami hubungan antara risiko dan imbal hasil investasi,” kata Iwan Satawidinata, Wakil Presiden Direktur UOB Indonesia pada acara peluncuran hari Selasa (12/9) di Jakarta.

Menurut Iwan, Smart Risk akan membantu para nasabah dalam menumbuhkan kekayaan mereka tanpa perlu menghadapi risiko yang berlebihan.

Melalui pendekatan ini, UOB Privilege Banking Client Advisor akan menginformasikan potensi risiko di awal percakapan dengan nasabah, yang kemudian diikuti informasi tentang imbal hasil.

“Hal ini demi memastikan para nasabah lebih memahami potensi risiko dan pertumbuhan dari produk yang akan mereka beli,” tambahnya.

Pendekatan pengelolaan portofolio keuangan ini sejalan dengan studi perilaku nasabah yang dilakukan oleh UOB, yang mengungkapkan bahwa sembilan dari sepuluh nasabah menengah-atas merasa bahwa sangat penting bagi bank untuk menginformasikan berbagai potensi risiko investasi yang mungkin terjadi terlebih dahulu, sebelum mempromosikan potensi imbal hasil.

Dikatakannya, Smart Risk merupakan wujud dari komitmen UOB Indonesia untuk senantiasa merekomendasikan kepada nasabah produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Smart Risk merupakan landasan bagi Client Advisor UOB Privilege Banking dalam membantu para nasabah mengelola keuangan yang sesuai dengan gaya dan pilihan hidup mereka sekarang dan di masa depan.

“Setiap nasabah akan didampingi oleh UOB Privilege Banking Client Advisor, dan mendapatkan akses informasi yang akan membantu mereka memahami risiko produk sebelum membicarakan imbal hasil,” lanjut Iwan.

Pendekatan Smart Risk adalah unik dan menyeluruh, serta berdasarkan kepada 3 pilar UOB Privilege Banking:

o    Advice: saran pengelolaan kekayaan berdasarkan profil risiko dan tujuan nasabah yang disesuaikan dengan tingkat toleransi risiko nasabah. Selain itu, Client Advisor UOB Privilege Banking juga akan menyediakan informasi tentang bagaimana nasabah melindungi aset, membangun pendapatan jangka panjang, serta mengambil keputusan berinvestasi sesuai dengan profil risiko mereka.

o   Solution: Client Advisor UOB Privilege Banking membantu nasabah untuk mengendalikan hubungan antara risiko dan imbal hasil ketika mereka berusaha mencapai tujuan keuangan hari ini dan di masa depan. Hal ini dilakukan dengan membangun landasan pendapatan pasif jangka panjang yang diambil dari setidaknya setengah dari portofolio keuangan nasabah, dan sisa dari portofolio tersebut digunakan untuk mengambil berbagai peluang pasar untuk berinvestasi.

o   Recognition and Access: nasabah UOB Privilege Banking memperoleh berbagai produk dan layanan prioritas, program kesetiaan nasabah, akses ke kantor-kantor cabang UOB Privilege Banking di Indonesia dan luar negeri, serta manfaat global dari berbagai kartu kredit UOB, seperti manfaat layanan medis dan pendidikan. 

Victor Teja, Deposit Investment Insurance Sales and Distribution Head UOB Indonesia mengatakan bahwa Smart Risk lebih memastikan bahwa tujuan-tujuan keuangan masa depan nasabah dapat dicapai melalui kombinasi investasi jangka panjang dan instrumen taktis jangka pendek untuk meraih berbagai kesempatan investasi. 

Smart Risk merupakan bagian dari nilai komitmen UOB Indonesia kepada para nasabah, yaitu untuk memperlakukan nasabah dengan adil, memahami nasabah secara pribadi, dan menyediakan solusi keuangan yang tepat,” kata Victor.

(rr/Syam)