www.beningpost.com

Desainer andal ternama Indonesia saat ini, Ivan Gunawan mendapat suatu kehormatan dari Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dalam merancang batik sebagai ikon kampanye Taiwan Excellence di Indonesia sepanjang tahun 2017.

“Ivan Gunawan adalah pilihan kita satu-satunya,” kata Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Mr. Danny Liao di sela acara media gathering, Senin (25/9) kemarin di Jakarta.

Mr. Danny Liao menjelaskan alas an memilih Ivan Gunawan atau akrab disapa Igun, karena dia merupakan desainer terekenal di Indonesia dan memiliki brand sendiri yang cukup dikenal masyarakat.

Dia berharap melalui kerjasama ini brand Taiwan Excellence lebih dikenal di Indonesia, apalagi Igun memiliki follower di akun instagramnya ( @ivan_gunawan  - Red) sekitar 12,4 juta.

“Dengan dikenalnya Taiwan Excellence ini, ke depan kita harapkan masyarakat Indonesia akan semakin banyak yang akan membeli produk asal Taiwan,” paparnya.

Dalam rancangan Igun kali ini, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) menjadikan batik sebagai ikon kampanye Taiwan Excellence di Indonesia sepanjang tahun 2017 ini.

Bahkan Mr. Danny Liao menilai bahwa batik cocok untuk mempresentasikan Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam budaya. Tentunya, batik spesial yang desainnya akan dipadukan dengan budaya Taiwan sebagai ikon mereka di Indonesia. Batik tersebut diberi nama ‘Taiwan Excellence East Goddess Batik’.

Pada kesempatan ini, dia mengutip apa yang diungkapkan Igun, motif East Goddess Batik itu mewakili kemakmuran, kebahagiaan, serta harapan, dan motif ini biasanya dirancang untuk para bangsawan.

“Desain yang sangat selaras dengan semangat Taiwan Excellence. Kualitas dan desain yang bagus dari produk-produk Taiwan Excellence selalu membawa kebahagiaan dan harapan hidup kita, dan membuat hidup kita menjadi lebih baik,” jelasnya.

Perjalanan dari kerjasama tersebut pun berlanjut hingga Ivan Gunawan bersama batik hasil karyanya pun diboyong ke Taiwanbeberapa waktu lalu.

Perjalanan Igun ke Taiwan dalam rangka mengenal budaya Taiwan serta melakukan sesi foto terhadap batiknya itu yang dipadukan dengan pemandangan di Taiwan.

Beberapa tempat yang disambangi Ivan disana guna melakukan sesi foto tersebut antara lain yakni Lotus Lake dan Taroko Park Mall di Kaohshiung, Songshan Cultural & Creative Park, Ximending, Taipei Art Museum, Fort San Domingo, serta Fisherman’s Wharf Tamsui.

Ketika mendengar nama batik, semua orang pasti akan langsung berfikir Negara Indonesia. Oleh karena itu, Danny berharap budaya Indonesia dan Taiwan yang terkandung dalam Taiwan Excellence East Goddess Batik dapat melebur dengan baik, sehingga kerjasama antara Negara Indonesia dan Taiwan bisa semakin meningkat di berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Igun merasa sangat antusias karena hasil karyanya bisa dipamerkan di Taiwan untuk pertama kali, apalagi yang dipamerkan adalah batik, yang merupakan budaya asli khas Indonesia. 

Selain itu, Igun juga merasa senang karena telah diberi kesempatan oleh Taiwan Excellence untuk berkunjung ke Taiwan dan merasakan atmosfir masyarakat Taiwan yang memiliki budaya yang unik.

(rr/Syam)