www.beningpost.com

Pekerjaan rumah bangsa Indonesia paling penting yang harus segera diselesaikan saat ini adalah mempersempit kesenjangan dan mengurangi ketimpangan di antara sesama warganya.

Masalah pemerataan ekonomi ini harus jadi prioritas, bukan hanya bagi pemerintah tapi juga swasta. Apalagi pada saat yang sama, negara tak cuma menghadapi berbagai masalah ekonomi, tetapi juga masalah sosial politik keagamaan seperti radikalisme dan terorisme. 

Demikian benang merah Forum Dialog yang diselenggarakan President Office Sinar Mas bertema "Ekonomi Berbasis Kerakyatan: Merekat Perbedaan, Memperkuat Persatuan", Rabu (27/9), di Jakarta.

Pembicara utama dalam forum dialog ini adalah Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif dan Dr Sudhamek AWS. Sedangkan sebagai penanggap adalah mantan Gubernur Bank Indonesia Burhanuddin Abdullah dan mantan KSAL Laksamana (Purn) Marsetio.

Bertindak sebagai moderator adalah mantan Menteri Perindustrian yang kini menjabat sebagai Managing Director Presiden Office Sinar Mas, Saleh Husin.

“Bung Karno pernah menyatakan, tidak akan ada kemiskinan di dalam Indonesia merdeka. Tapi setelah 72 tahun, kita tahu kemiskinan masih menjadi masalah utama bangsa ini,” kata Syafii Maarif.

Menurut Syafii, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia uang tampak begitu liar, tapi bagi sejumlah sektor swasta seperti Sinar Mas, uang terlihat begitu jinak. “Kemampuan menjinakkan uang inilah yang harus ditularkan kepada masyarakat luas,” tambahnya.

Syafii menjelaskan, dalam pemerataan kesejahteraan misalnya, upaya menjawabnya tidak saja dari sisi ekonomi, tapi juga aspek sosial hingga hati nurani.

Sedangkan Chairman Garuda Food Sudhamek menekankan pentingnya 4 prinsip dasar kemitraan sebagai landasan hubungan sosial ekonomi pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Ke-4 prinsip dasar itu adalah saling membutuhkan, saling menguatkan, saling percaya, dan saling menguntungkan,” papar Sudhamex.

Keempat prinsip dasar itu harus dijalankan kalau kita ingin memberdayakan UMKM. Menurut Sudhamek, selama ini UMKM lebih banyak diperlakukan sebagai objek, bukan subjek.

“Bantuan yang diberikan pun sering setengah jalan, jadinya tidak tuntas,” ujarnya. Semua itu menunjukkan penanganan UMKM belum sepenuhnya professional dan holistik.

Managing Director Presiden Office Sinar Mas Saleh Husin menyatakan, diskusi semacam ini, yang diikuti para eksekutif di lingkungan Sinar Mas, merupakan kegiatan reguler korporat. 

“Temanya berbeda-beda, mengikuti situasi dan kondisi aktual bangsa ini. Yang jelas, Sinar Mas memang punya komitmen kuat untuk tumbuh dan berkembang bersama-sama masyarakat Indonesia, termasuk di dalamnya mendorong percepatan pemerataan ekonomi,” ujarnya usai diskusi.

(rr/Syam)