www.beningpost.com

Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar di dunia, kini menjadi incaran pemerintah Taiwan untuk menarik wisatawan muslim asal Indonesia dengan menyediakan sejumlah kemudahan fasilitas ibadah dan sertifikasi makanan halal di hotel dan sejumlah restoran.

Deputy Director, Taiwan External Trade Devolepment Council, Jessie Tseng menyatakan tahun ini kami telah mensertifikasi 100 restoran dan restoran halal untuk mempermudah wisatawan muslim selama berada di Taiwan.

“Tak hanya, kami pun telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung wisatawan muslim berupa tempat ibadah,” ujar Jessie Tseng saat ditemui BeningPost.com, Senin (2/10) usai acara Meet Taiwan Networking Event in Jakarta di Hotel Borobudur, Jakarta.

Diiringi senyuman renyah, dia dengan rasa bangga mengungkapkan bahwa kini pihaknya bahkan sudah menyediakan musholla di beberapa tempat umum, ada pula sebuah masjid besar seperti Taipei Grand Mosque.

Berdasarkan data Taiwan Tourism Bureau, setidaknya terdapat enam masjid di negara itu. Di Taipei City terdapat dua masjid, yakni Taipei Grand Mosque dan Taipei Cultural Mosque. Empat masjid lainnya ada di Zhongli, Taichung, Tainan, dan Kaohsiung.

Tak hanya itu, pihak Taiwan pun memberikan pelatihan khusus bagi pemandu wisata (tour guide) terutama dalam segi bahasa.

Ditempat yang sama, Gabbana Lin, Sales & Marketing Senior Sales Manager Hotel E-Da Royal Hotel yang dijumpai Beningpost.com menjelang acara dimulai mengatakan, dalam menarik minat wisatawan muslim bersedia menginap, pihaknya telah menyediakan menu halal.

“Bahkan, kami telah memisahkan tempat untuk makanan halal dengan non halal. Dan juga kami memberikan petunjuk arah kiblat di kamar hotel,” ucap Gabbana Lin.

Bagi pemerintah Taiwan turis muslim Indonesia sangat lah penting, mengingat orang Indonesia dikenal sebagai pribadi yang ramah, sehingga wajarlah bilaman langkah yang diambil badan pariwisata Taiwan untuk menarik wisatawan muslim Indonesia adalah uji kepercayaan diri.

Menarik pasar turis Muslim Indonesia, bisa lebih membuat percaya diri bagi pemerintah Taiwan menarik turis Muslim dari negara lain. Pasar Muslim Indonesia adalah pintu gerbang untuk pasar yang lain. 

Hal ini tentu saja wisatawan muslim Indonesia bisa menjadi indikator untuk menarik wisatawan muslim dari negara-negara lain.

(rr/Syam)