www.beningpost.com

Red Hat, Inc. (NYSE: RHT), penyedia solusi open source terkemuka di dunia, baru baru ini mengumumkan para pemenang penghargaan Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik tahun 2017 dari Indonesia.

PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN) menerima penghargaan tersebut dalam ajang Red Hat Forum Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 28 September karena penggunaan solusi-solusi Red Hat melalui cara-cara yang luar biasa dan inovatif.

Mengusung tema yang sama dengan Red Hat Forum APAC 2017, yaitu “The Impact of the Individual", Red Hat Innovation Awards APAC mengapresiasi dan merayakan perusahaan-perusahaan enterprise yang menggunakan open source untuk mengatasi tantangan industri TI, mentransformasi, dan memodernisasi teknologi informasi.

Para pemenang dievaluasi oleh suatu panel yang terdiri dari para pakar Red Hat.

Kategori: Optimalisasi TI

Pemenang: PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) 

Sejak diluncurkan pada bulan November 2014, bisnis Astra Life telah didukung oleh kolaborasi kemitraan yang kuat, yang menghadirkan beragam produk bagi segmen-segmen pelanggan di seluruh Indonesia.

Astra Life meyakini bahwa teknologi informasi (TI) merupakan tulang punggung perusahaan dan berkontribusi sebagai pendukung utama bagi seluruh aktivitas perusahaan. Dengan penggunaan yang tepat, Astra Life dapat memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan sekaligus menghadirkan efisiensi, keandalan, dan akurasi dalam pengolahan dan pelaporan data.

Agar dapat melayani pelanggan mereka dengan lebih baik, Astra Life menggunakan solusi Red Hat JBoss Middleware guna mengembangkan aplikasi-aplikasi yang lebih cepat dan efektif yang memungkinkan beberapa jaringan distribusi untuk penjualan polis asuransi mereka, serta memungkinkan akses bagi para pelanggan dan mitra untuk memperoleh informasi asuransi kapan pun dan di mana pun.

Astra Life memenangkan penghargaan untuk kategori Optimalisasi TI (IT Optimization), yang mengapresiasi transisi Astra Life yang luar biasa dari TI lawas menjadi pemimpin dan mitra bisnis layanan mandiri di dunia digital.

Kategori: Pengembangan Aplikasi Modern dan Transformasi Digital

Pemenang: PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN)

BTPN merupakan bank komersial ternama di Indonesia, yang memiliki visi untuk mengubah kehidupan jutaan penduduk Indonesia.

Untuk membantu meningkatkan akses masyarakat ke layanan perbankan, BTPN mengembangkan Jenius, sebuah bank digital di Indonesia, dengan menempatkan Red Hat OpenShift di pusat platform digitalnya. Hal ini memungkinkan BTPN untuk menggunakan pendekatan DevOps guna mengembangkan dan menghadirkan aplikasi-aplikasi dengan lebih cepat.

BTPN meraih penghargaan untuk kategori "Pengembangan Aplikasi Modern dan Transformasi Digital" (Modern Application Development and Digital Transformation), yang mengapresiasi keseluruhan kinerja BTPN dalam mengembangkan, memelihara, dan menerapkan aplikasi-aplikasi bisnis yang sukses melalui penggunaan metodologi yang tangkas, serta dalam menangani tantangan TI secara sukses dan menghadirkan nilai bisnis agar dapat bersaing secara efektif sebagai perusahaan digital.

Sejak dimulainya Red Hat Innovation Awards APAC, Red Hat telah menyaksikan penggunaan solusi-solusi open source yang semakin inovatif di wilayah Asia Pasifik. Astra Life dan BTPN menggunakan open source untuk mentransformasi infrastruktur TI mereka, sekaligus mempercepat transformasi digital.

Sebagai bagian dari rangkaian ajang Red Hat Forum APAC yang diadakan di 14 kota di Asia Pasifik, para pemenang penghargaan Red Hat Innovation Awards APAC akan diumumkan di setiap kota tersebut.

Para pemenang tahun ini terdiri dari perusahaan-perusahaan dari sektor vertikal seperti perbankan, keuangan, pemerintahan, asuransi, teknologi, telekomunikasi dan transportasi.

(rr)