www.beningpost.com

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) bersama Maybank Foundation, kembali melaksanakan program pendampingan kewirausahaan bagi komunitas penyandang disabilitas bertajuk “Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship” (RISE) di Bogor. 

Program ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya. 

Program pelatihan selama 3 (tiga) hari ini dilanjutkan dengan program mentoring terstruktur kepada para penerima manfaat selama 3-6 (tiga-enam) bulan. 

Dalam masa pelatihan, para peserta penyandang disabilitas akan dibekali dengan pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir (mindset) dalam mengelola usaha.

Kemudian dalam program mentoring, para peserta akan didampingi mentor secara personal untuk meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, dengan tujuan akhir meningkatkan taraf hidup para penyandang disabilitas.

Di Bogor, program  pelatihan ini diberikan 3 tahap untuk 110 penyandang disabilitas sejak 17 Oktober - 3 November 2017. Peserta pelatihan diantaranya telah merintis dan membangun usaha di bidang konveksi, makanan, kerajinan tangan, elektronika, transportasi, potong rambut dan bengkel kendaraan.

Pelaksanaan program RISE di Bogor ini merupakan keberlanjutan dari rangkaian program untuk memberikan pelatihan kepada 2.000 penyandang disabilitas yang akan dilakukan selama 2 (dua) tahun ke depan.

Program ini menyusul program yang diberikan kepada 94 penyandang disabilitas di Bali dan 119 penyandang disabilitas di Tangerang setelah sebelumnya  211 penyandang disabilitas di Jakarta dan Yogyakarta menjadi penerima manfaat tahap awal (pilot projet) program RISE di Indonesia. 

Berdasarkan survey dari Nottingham University, dari awal implementasi program hingga Juli 2017, sebanyak 40% peringkat terbaik dari penyandang disabilitas yang mengikuti program ini, telah berhasil memulai atau meningkatkan kapabilitas usaha hingga 351,8.

(rr/Syam)