Ilustrasi | www.beningpost.com

Dari lima vendor smartphone terbesar di pasar Cina (survei Canalys 2016), hanya Xiaomiyang belum melakukan penetrasi ke pasar ‘gemuk’ lainnya, yaitu Amerika Serikat (AS).

Padahal jajaran produknya dapat dikatakan menarik dari segi spesifikasi dan harga. Misalnya saja, seperti flagship Mi 6 atau smartphone Android One kolaborasi pertamanya dengan GoogleMi A1.

Sebelumnya banyak yang menduga-duga jika Mi Mix 2, flagship mereka yang baru diluncurkan September lalu bakal menjadi momentum bagi Xiaomi untuk masuk ke pasar AS. Sayangnya bukannya negara AS yang akan dijadikan pasar berikitunya, perusahaan Tiongkok ini malah dikabarkan sedang bersiap masuk pasar negara Eropa.

Indikasinya terlihat saat Xiaomi merilis poster/teaser yang menunjukkan rencananya memperluas pasar ke benua Eropa. Negara pertama yang diketahui akan kedatangan beberapa seri smartphone Xiaomi adalah Spanyol.

Dua seri smartphone Xiaomi yang dikabarkan akan hadir di pasar Spanyol adalah Xiaomi Mi Mix 2 dan Mi A1. Mi A1 menjadi menarik bagi konsumen karena merupakan produk yang masuk dalam program Google Android One. Dengan dukungan Google, update software dan keamanan sistem dari Mi A1 akan lebih terjamin di masa mendatang.

Mi A1 (Snapdragon 625, RAM 4GB, internal storage 64 GB) akan ditawarkan seharga €229 (sekitar Rp3.5 juta). Sedangkan Mi MIX 2 yang menonjol karena layar langsing (AR 18:9) dan tanpa bezel akan dibanderol seharga € 500 (sekitar Rp7,8).

Selain MI A1 dan Mi Mix 2, seri lainnya, seperti Mi 6, Mi Max 2, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi Note 4/Note 5A, dan Redmi Note 5A Prime juga akan segera tersedia di pasar Spanyol. Selain smartphoneXiaomi juga akan menawarkan produk lainnya, seperti Mi Electric Scooter, Mi Box, Yi 4K, dan smartwatch/healthband Mi Band 2.

Semua produk Xiaomi ini akan dijual di toko online, baik melalui Mi.com, Amazon dan AliExpress mulai  8 November 2017. Seperti juga di IndonesiaXiaomi juga tampaknya mulai menggarap penjualan produknya melalui pasar offline alias toko resmi fisik (official Mi store) di negara Matador tersebut. Sejauh ini Xiaomi telah menghadirkan sekitar 130 toko fisik resmi (Mi Store) di seluruh dunia. 

Seperti diketahui, Spanyol dipilih sebagai negara Eropa pertama yang disambangi mengingat jumalah penggemar Xiaomi (Mi fans) yang lebih tinggi dari negara-negara Eropa lainnya.

(rr/Wns/DZ)