www.beningpost.com

Memanfaatkan aktivitas Car Free Day di jalan Thamrin JakartaDaihatsu Indonesia, Ahad (12/11), menggelar acara CSR-nya, Daihatsu Peduli Thalassaemia, yang digelar di gedung ESDM.

Acara yang mengambil tema ‘Yes We Care” ini merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan Daihatsu Indonesia dalam menjalankan kegiatan CSR-nya. Dalam acara ini, turut digelar aktivitas donor darah.

“Rasa peduli terhadap penyakit Thalassaeia di Indonesia yang kurang dan julah penderitanya yang semakin banyak, terutama di Jakarta, merupakan salah satu alasan mengapa Daihatsu Indonesia memiliki program peduli terhadap penderita Thalassaemia ini,” ujar Supranoto, Deputy Chief Executive Daihatsu Indonesia.

Ia menambahkan, “Thalassaemia merupakan salah satu fokus dalam aktivitas CSR dari Daihatsu Indonesia. Kami sudah melakukannya sejak tahun 2011 dan sudah banyak hal serta donasi yang diberikan DaihatsuIndonesia kepada penderita Thalassaemia melalui Yayasan Thalassaemia Indonesia,” 

Thalassaemia merupakan salah satu penyakit keturunan yang jumlah penderitanya cukup banyak di Indonesia. Karena memiliki kelainan pada darahnya, para penderita Thalassaemia ini harus melakukan transfusi darah setiap bulannya.

Oleh sebab itu Yayasan Thalassaemia Indonesia tidak bosan-bosannya menyebarkan informasi mengenai dampak dari penyakit ini, baik untuk penderitanya sendiri maupun keluarga di sekitarnya.

Bincang-bincang bersama media yang hadir, tentang Thalassaemia di Indonesia

Ruswandi, salah satu orang tua yang sudah bergabung dalam Persatuan Orangtua Penderita Thalassaemia Indonesia, mengatakan, “Thalasaemia harus diputus mata rantainya. Oleh sebab itu, penting bagi pasangan yang berencana menikah untuk masing-masing meriksa darahnya. Jangan sampai keturunan berikutnya membawa penyakit ini karena salah satu dari kedua orang tuanya ternyata menderita Thalassaemia,” 

“Bagi pasangan muda di Indonesia, jangan malu atau takut memeriksa darahnya demi kepentingan hidup yang lebih panjang,” tambah Ruswandi.

Selain melakukan aktivitas donor darah, dalam acara ini, Daihatsu Indonesia juga menyerahkan satu unit Daihatsu Grand Max untuk kendaraan operasional Yayasan Thalassaemia Indonesia. Adanya kendaraan ini diharapkan bisa menjadi sarana edukasi untuk mengetahui lebih banyak mengenai Thalassaemia di Indonesia.

Satu kendaraan operasional diserahkan Daihatsu Indonesia kepada Yayasan Thalassaemia Indonesia

(rr/MT)