www.beningpost.com

Bagi generasi millennial yang gemar berkreasi menciptakan konten kreatif dalam bentuk blog, vlog dan foto. Hobi tersebut bisa kamu salurkan dengan mengikuti Jakarta Museum on Social Media Competition dan dapat berkesempatan meraih total hadiah sebesar 135 juta Rupiah.

Mengusung tema besar “Gue, pengen museum di Jakarta jadi...”, setiap peserta bebas menuangkan ide dan kreativitasnya seputar harapan tentang museum-museum yang ada di Jakarta sesuai kategori yang dilombakan. 

Kompetisi ini diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mendekatkan museum sebagai ruang publik edukasi sekaligus objek wisata kepada anak muda.

Periode lomba berlangsung pada tanggal 16 Oktober - 26 November 2017  dan pemenang akan diumumkan pada awal bulan Desember 2017. 

“Melalui kegiatan ini masyarakat bisa ikut berpartisipasi mempopulerkan museum di Jakarta,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Tinia Budiati.

Menurut Budiati, harapan positif generasi millennial terhadap museum di Jakarta yang dituangkan dalam kreativitas membuat blog, vlog dan foto, nantinya akan menjadi masukan bagi kami untuk lebih mengembangkan museum di Jakarta.

“Semoga museum di Jakarta bisa menjadi tempat wisata popular tidak hanya untuk wisatawan nusantara tapi juga untuk wisatawan mancanegara,” paparnya.

Instagram, Blog, Youtube dan media sosial lainnya telah menjadi tren di kalangan anak muda dan menjadi bagian dalam keseharian gaya hidup generasi millennial.

Untuk mengikuti lomba ini, hanya perlu mengunjungi museum di Jakarta yang paling menarik perhatianmu dan rasakan pengalaman langsung saat berada di sana. Ciptakan konten positif mengenai pengalamanmu itu dan berbagilah di media sosial.

Destinasi yang bisa kamu kunjungi antara lain Kawasan Kota Tua, Museum Prasasti, Museum Tekstil, Museum Joeang '45 atau Museum MH. Thamrin dan lain-lainnya.

Setiap peserta dapat mengangkat museum-museum di Jakarta yang jarang dikunjungi. Untuk kamu yang gemar membuat video, kamu bisa membuat vlog berdurasi maksimal 5 menit. Semakin banyak museum yang tampil di vlog akan menjadi nilai tambah penilaian.

Jika kamu lebih senang menulis, tuangkan pandangan, ulasan atau reportasemu ke dalam blog dengan maksimal 800 kata. Penambahan foto atau ilustrasi sesuai dengan tulisanmu akan menambah poin penilaian.

Sementara untuk fotografi sertakan foto yang diambil menggunakan kamera digital (DSLR, pocket, mirrorless) atau smartphone dengan ukuran foto tidak melebihi 3 MB. 

Setiap peserta lomba harus melakukan registrasi dan mendaftarkan karyanya ke ke www.jakarta-tourism.go.id/jakmuseum. Peserta wajib menyertakan tagar #enjoyjakarta, #enjoyjakmuseum, dan #jakartatourism dalam setiap karya yang dilombakan. 

Selain mendaftar di website, hasil lomba  dikirimkan juga ke e-mail : jakmuseum@jakarta.go.id. Untuk kategori fotografi, peserta juga bisa mengirimkan CD kepada panitia penyelenggara dengan menyertakan nama, alamat, email dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

(rr/Syam)